Disnakeswan Kabupaten Sumbawa Cek Ketersediaan Daging Jelang Lebaran

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Petugas dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnkeswan) Kabupaten Sumbawa melakukan pengecekan ketersediaan daging di pasar menjelang hari raya idul fitri 1440 H/2019, Senin (03/06/2019) pagi tadi.

Pengecekan dilakukan di tiga pasar di Kota Sumbawa yakni Pasar Temporer Kerato, Pasar Berang Biji, dan Pasar Labuhan.

Kepada Dinas Nakeswan Kabupaten Sumbawa Ir. Sirajudin., mengatakan, tim yang langusung dipimpin olehnya ini sengajah turun ke pasar-pasar guna memastikan ketersediaan daging menjelan idul fitri. Dari hasil pengecekan tersebut kata dia, ketersediaan daging terbilang aman.
“jadi tim ini sudah kami bentuk seja 1 juni hingga nanti berakhirnya pada 4 juni 2019.

Tujuannya untuk memastikan ketersediaan daging di pasar seperti apa, keadaanya aman, produksi juga meningkat, dari 5 ekor/hari menjadi 10 ekor/hari di bulan ramadhan” katanya.

Selain memastikan ketersediaan daging lanjutnya, juga dipastikan bahwa daging yang dijual di pasar-pasar Sumbawa berasal dari Rumah Potong Hewan (RPH) Bangkog, artinya tidak ada daging yang dibawa dari luar Daerah.

“kemudian kita harapkan seluruh daging berasal dari RPH. Dari pantauan sejak taggal 1 kemarin sampai hari ini yang ada di pasar adalah dari RPH. dari pantauan kita tidak ada daging dari luar,” jelasnya.

Pada pemantauan lapangan tersebut sambungnya, juga dilakukan pengecekan kondisi daging yang ada dipasaran. “kemudian melakukan pengecekan kondisi daging, dicek tingkat kesegarannya, ternyata hari itu dipotong dan hari itu juga di jual habis,” pungkasnya. (KS/aly)

News Feed