Jelang Lebaran 2019, Pelabuhan Tano Mulai Dipadati Pemudik

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Hari raya idul fitri 1440 H/2019 tinggal menghitung hari. Memasuki H-7 lebaran, Rabu (29/05/2019), pelabuhan penyebrangan Poto Tano mulai dipadati oleh pemudik.

“Kondisi H-7 ini sudah terjadi lonjakan angkutan, setiap kapal yang berangkat sekarang full,” ungkap Samiun Akbar, SE., Kepala ASDP Pelabuhan Poto Tano, di ruang kerjanya.

Dikatakan, untuk mengantisipasi antrian kendaraan, pihaknya melakukan perubahan jadwal. Dimana sebelumnya hanya dioprasikan 8 unit kapal, yang kemudian dilakukan penambahan menjadi 10 unit kapal. Selain itu kata dia, juga dilakukan perubahan terhadap waktu stanbay kapal di pelabuhan, yang semulanya kapal stanbay di pelabuhan selama 40 menit, dirubah menjadi 30 menit.

Baca juga:  Ketua DPRD Sumbawa Ajak Perempuan Teladani Perjuangan Kartini

“oleh karena itu kita rubah jadual supaya yang antrian kendaraan yang akan datang bisa teratasi. Sebelumnya dioprasikan 8 kapal, 4 di tano dan 4 unit di kayangan. untuk hari ini kita oprarasikan 5 kapal dari tano dan 5 kapal dari kayangan sehingga jumlah kapal yang beroprasi menjadi 10 unit. untuk waktunya kita percepat, yang sebelumnya waktu stanbay kapal di peluhan selama 40 menit, sekarang manjadi 35 menit,” terangnya.

Lanjutnya, terhadap pengguna jasa kata dia, kendaraan pribadi seperti sepeda motor, mini bus, serta bus yang mengangkut penumpang, diutakan untuk memasuki kapal.

Baca juga:  Ketua DPRD Sumbawa Ajak Perempuan Teladani Perjuangan Kartini

“untuk pemakai jasa seprti sepeda motor atau kendaraan pribada itu kita utamakan masuk ke kapal, dan juga bus yang mengangkut penumpang, jadi antriannya tidak disamakan dengan truk muat,” jelasnya.

Menurutnya, arus mudik lebaran tahun ini akan terjadi pada H-3 lebar, sebab menurutnya, Sabtu, Minggu mendatang sudah memasuki libur sekolah. “untuk arus mudik diperkirakan H-3 lebaran karena prediksi sabtu minggu sudah mulai libur sekolah, rata-rata pemudik ke Pulau jawa dan Pulau Lombok,” pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Ketua DPRD Sumbawa Ajak Perempuan Teladani Perjuangan Kartini

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Hari Kartini diperingati setiap tanggal...

Sejarah Desa Rhee Segera Tercatat dalam Buku

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Sejarah Desa Rhee, Kecamatan Rhee,...

Avian Brands Peduli : Melukiskan Masa Depan Cerah Anak di NTB

Mataram, Kabarsumbawa.com - Sejalan dengan tanggung jawab sosial terhadap...

Mindful Ramadhan 1445 H: 10 Malam Menjelang Raya

Kabarsumbawa.com - Semoga Allah senantiasa memberikan semangat dan kekuatan...