Untuk Ketujuh Kalinya Sumbawa Raih WTP

Untuk Ketujuh Kalinya Sumbawa Raih WTP

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2018, Kabupaten Sumbawa untuk yang ke-7 kalinya secara berturut turut kembali berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Hasil pemeriksaan dengan opini WTP tersebut diserahkan oleh Ketua BPK RI Perwakilan NTB, Hery Purwanto kepada Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah, Senin (27/05/2019) kemarin di Kantor BPK Perwakilan Provinsi NTB Jalan Udayana Mataram.

Kabupaten Sumbawa dinilai berhasil melaksanakan tata kelola keuangan daerah yang transparan dan akuntabel. Beberapa syarat yang telah dicapai Pemerintah Kabupaten Sumbawa untuk memenuhi Opini WTP tersebut, antara lain meliputi Penyusunan Laporan Keuangan sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), pengelolaan asset yang tertib dan baik, pengelolaan kas secara transparan, sistem pengendalian intern yang memadai dan penyampaian laporan keuangan kepada BPK RI secara tepat waktu. Hal lain yang patut dibanggakan bahwa daerah yang mendapatkan WTP, kerap menjadi objek percontohan bagi daerah lainnya.

Dengan perolehan WTP ini, pemerintah pusat nantinya akan memberikan penghargaan berupa pemberian dana insentif daerah yang besarannya ditentukan oleh capaian indikator yang ditetapkan BPK RI. (KS/-)

News Feed