Bupati Sumbawa Ajak Masyarakat Pedomani Al-Quran Dalam Membangun Karakter Bangsa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa memperingati malam Nuzulul Qur’an, Selasa malam (21/05/2019) di Mesjid Agung Nurul Huda.

Peringatan malam Nuzulul Qur’an kali ini mengangkat tema “Melalui Peringatan Nuzulul Qur’an 1440 H / 2019 M Kita Tingkatkan Pemahaman Dan Pengamalan Al Qur’an Dalam Kehidupan Sehari-Hari Menuju Sumbawa Hebat Dan Bermartabat”.
Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril, B.Sc dalam sambutannya, mengajak masyarakat untuk memaknai peringatan Nuzulul Qur’an sebagai momen dalam merevitalisasikan kembali Al-Qur’an sebagai pedoman dalam pembangunan karakter bangsa, khususnya dalam memantapkan kepribadian masyarakat sumbawa sebagai sebuah komunitas Islami yang damai, selamat, dan sejahtera serta memiliki jiwa mandiri dan semangat untuk berkarya.

Bupati juga mengajak segenap masyarakat sumbawa untuk manfaatkan momentum bulan suci ramadhan dengan memperbanyak amal ibadah, diantaranya dengan memakmurkan Mesjid melalui shalat berjamaah, MajlisTa’lim dan memperbanyak membaca Al-Qur’an.

“Peliharalah kesucian ramadhan ini dengan selalu menjaga diri, baik lisan maupun perbuatan dari hal-hal yang tercela. Mari jaga kondusivitas lingkungan agar suasana ramadhan berjalan dengan khikmad dan penuh kedamaian”. Ujar Bupati.

Bupati berpesan agar masyarakat tidak berlebihan dalam berbelanja, sebab hal tersebut dapat menyebabkan kelangkaan serta mahalnya harga kebutuhan pokok. Meski demikina, ia mengungkapkan bahwa saat ini ketersediaan bahan pokok masih aman.

Sebelumnya Pimpinan Ponpes Aisyah Dea Guru H. Munajat, LC. MHI, dalam ceramahnya menyampaikan bahwa bagaimana dengan memahami dan mempelajari Al-Qur’an akan menjadikan masyarakat dan daerah Kabupaten Sumbawa yang hebat dan bermartabat.

Disampaikan, bahwa ketika umat Islam mempelajari, memahami dan mengamalakan Al-Qur’an akan mengangkat derajatnya di hadapan Allah SWT.

“Dengan melakukan itu semua, maka akan mengangkat derajat kita sebagai kaum muslim di hadapan Allah SWT. Hadirkan hati kita disaat membaca Al-Qur’an dan jangan hanya memeriahkan malam Nuzulul Qur’an saja, tetapi kita harus mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari”. Jelasnya. (KS/-)

News Feed