Diduga Tidak Memiliki Izin, Belasan Ekor Sapi Diamankan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Belasan ekor sapi yang hendak dikirim ke Pulau Lombok, diamankan oleb Tim Lalu Lintas Ternak, Senin (20/05/2019) di depan kantor Karantina Sumbawa. Belasan ekor sampi jantan ini diduga tidak memiliki izin.

“Tim lalu lintas ternak Sumbawa mengamankan sebanyak 15 ekor sapi
jantan yang hendak dibawa ke luar daerah. karena diduga tidak berizin, dicegat dan diamankan di depan Karantina sekitar pukul 11.30 wita,” ungkap Plt Kasat Polpp Kabupaten Sumbawa H. Sahabudin, Selasa (21/05/2019) di ruang kerjanya.

Terhadap terduga pelaku kata dia, diindikasikan melanggar ketentuan Perda Nomor 12 Tahun 2013 tentang lalu lintas ternak pasal 4 ayat 1 point A, menyebutkan, bahwa orang perorangan atau badan yang memiliki ternak dan atau bahan asal ternak
harus mengajukan permohonan izin pengeluaran ternak kepada bupati melalui Dinas Peternakan. Maka sanksinya, berdasarkan ketentuan pidana pasal 19 ayat 1, kurungan paling singkat 1 bulan, paling lama
6 bulan atau denda minimal Rp. 5 juta dan maksimal Rp. 50 juta.

“Kasus tersebut sedang ditangani oleh ppns satpol pp sumbawa, sedangkan sapi dititip di Karantina Sumbawa,” ujarnya.

Razia lalu lintas ternak ini rutin dilamukan oleh tim yang terdiri dari Satpol Pp dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sumbawa, mengingat kasus serupa bukan kali pertama terjadi. (KS/aly)

News Feed