Tahun Ini, Delapan BTS Akan Dibangun di Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak Delapan tawer Base Tarnsiver Station (BTS) atau jaringan telekomunikasi akan dibangun tahun 2019 ini di beberapa wilayah di Kabupaten Sumbawa.

Adapun wilayah yang dimaksud yakni Desa Marente Kecamatan Alas, Prode SP II dan Prode SP III Kecamatan Plampang, Desa Jotang Beru Kacematan Empang, Desa Mokong Kecamatan Moyo Hulu, Desa Mungkin Kecamatan Orong Telu, Desa Telaga kecamatan Lenangguar, dan Desa Sampe Kecamatan Rhee.

Kedelapan tower BTS tersebut merupakan program Universal Servis Obligation (USO) dari pemerintah pusat melalui Kementerian Kominfo RI.

Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Kabupatan Sumbawa, Rachman Ansori, Senin (20/05/2019) di ruang kerjanya, mengatakan, sebelumnya Pemkab Sumbawa telah mengajukan 21 titik lokasi yang masih terindikasi blank spot atau zero signal kepada Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo RI.

Pengajuan ini kata dia, merupakan bagian dari upaya membangun ketersediaan layanan komunikasi masyarakat yang berbasis seluler di seluruh wilayah Kabupaten Sumbawa sesuai amanat RPJMD 2016-2021.
“ada 21 titik blank Spot termasuk yang lemah sinyal. tahun ini dapat lagi 8 titik yang akan dibangun,” katanya.

Lanjut Ansori – sapaan akrabnya, ia telah menerima anggota Tim Survey dari PT. Bintang Komunikasi Utama (BKU) selaku mitra pelaksana pembangunan 8 Base Transciever Station (BTS) USO BAKTI Kominfo di Kabupaten Sumbawa. “Alhamdulillah, hari ini sesuai laporan kami kepada Bapak Bupati, Pemkab Sumbawa kembali memperoleh program telekomunikasi untuk daerah terpencil,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan Tim Pendamping dari Dinas Kominfotik Sumbawa yang akan mendampingi pelaksana untuk melakukan survey lapangan, serta koordinasi dengan Pemerintah Kecamatan dan Desa yang telah ditentukan.

Kemidian hasil survey ini kata dia, dijadikan sebagai dasar DRM di tingkat kementerian serta bahan kajian pengajuan adminsitarsi lainnya di tingkat kabupaten yang difasilitasi oleh Dinas Kominfotik Sumbawa.
Dengan dibangunnya Delapan tower BTS ini, ia berharap akan semakin mendukung terwujudnya Kabupaten Sumbawa sebagai bagian dari 100 Smart City Indonesia menyongsong era Industri 4.0. (KS/aly/*)

News Feed