Selama Ramdhan, Volume Sampah Diperkirakan Meningkat

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Selama bulan suci ramhdan 1440 hijriah ini, volume sampah baik yang diproduksi oleh rumah tangga maupun pedangan pasar, diperkirakan akan mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut diperkirakan menjelang Lebaran.

Abdul Haris, S.Sos
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumbawa, Abdul Haris, S.Sos

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumbawa, Abdul Haris, S.Sos., mengatakan, untuk awal Ramadhan ini, penanganan sampah masih dilakukan seperti biasanya, yakni menjemput sampah setiap hari sesuai dengan jalurnya. Sama halnya juga dengan sampah di pasar, diangkut sesuai dengan jadwalnya.

“untuk awal Ramadan bulan ada perubahan penanganan sampah, masih seperti biasa, yaitu menjemput sampah sesuai dengan rennya masing-masing pada pagi hari, begitu juga dengan sampah di pasar-pasar tetap diangkut sesuai jadwal,” ungkapnya, Jum’at (10/05/2019) di ruang kerjanya.

Menurutnya, peningkatan produksi sampah baik yang dihasilkan oleh rumah tangga ataupun pedangan pasar, diperkirakan akan mengalami peningkatan menjelang lebaran, yakni 10 hari sebelum lebaran.

“Mungkin berkaitan dengan penanganan sampah diperkirakan mungkin menjelang 10 hari akan berakhir puasa baru akan ada strategi perubahan penanganan sampah. karena menjelang hari Raya pasti diperkirakan produksi sampah rumah tangga atau dari pasar mengalami lonjakan yang lebih, sehingga perlu penanganan tambahan, apakah penangana di jam 12 malam atau setelah tarawih,” terangnya.

“Kita harapkan masyarakat mengeluarkan sampah setelah magrib, strategi itu dilakukan menjelang hari lebarang. tapi untuk sekarang belum ada,” imbuhnya. (KS/aly)

Komentar

News Feed