oleh

Kelelahan Saat Berenang, Tiga Pemuda Tenggelam di Pantai Baru

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Diduga karena kelelahan saat berenang, tiga orang pemuda tenggalam Pantai Baru, Kota Sumbawa, Jum’at (03/05/2019) sekitar pukul 14.45 wita kemarin.

Beruntung ketiga pemuda tersebut berhasil diselamatkan dan dievakusai ke dataran dengan kondisi selamat oleh Tim SAR Rabungan menggunakan dua unit perahu karet bermesin. Penyelamatan dan evakusi terhadap tiga pemuda ini beralangsung cukup tegang, sebab tingginya gelombang yang cukup tinggi yang disertai angin kecang.

Setelah berhasil dievakuasi ke darat kemudian korban diberikan pertolongan pertama (First Aid) dan ketiganya dinaikan ke ambulance untuk dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan medis.

Keterangan salah satu warga yang berada ditempat kejadian, ketiganya berenang bersama menujuh arah tengah, namun diduga mereka kelelahan, sehingga mengakibatkan mereka tenggalam.

Kejadian tersebut merupakan sebuah skenario simulasi yang disusun oleh tim instruktur pelatihan potensi sar yang diselenggarakan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram selama 5 hari dari tanggal 29 April 2019 sampai dengan 3 Mei 2019. Bertempat di pantai Baru. sebanyak 40 peserta dari TNI, Polri, instansi pemerintah, relawan dan organisasi sar lainnya mempraktekan simulasi dengan sebuah kasus yang diberikan.

Baca juga:  PT NNT Beroperasi Hingga 2038

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram I Nyoman Sidakarya secara resmi menutup pelatihan potensi SAR “Teknik Pertolongan di Permukaan Air”. Jum,at (03/05/2019) kemarin.

Dalam arahan, Nyoman menyampaikan harapannya melalui pelatihan potensi SAR yang telah dilaksanakan agar bisa meningkatkan pengetahuan tentang teknik pertolongan di air sehingga didapatkan kesamaan pola pikir dan pola tindak apabila sewaktu-waktu terjadi musibah atau bencana di wilayah Nusa Tenggara Barat khususnya kabupaten Sumbawa.

Sebelumnya, Senin (29/4) pagi bertempat di hotel Transit Sumbawa, pelatihan yang melibatkan berbagai unsur SAR ini dibuka oleh Bupati Sumbawa H.M Husni Djibril, B.Sc. Turut hadir Direktur Bina Potensi Basarnas, Danrem, Kapolres, Ka KSOP, Kalak BPBD, KadisDamkar, Kadis Pariwisata, Kadis Perikanan dan Kelautan, Forkompimda, Kasi Sabhara Polres Sumbawa dan Kadis Sosial. (KS/aly)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *