oleh

Ini Cara Polres KSB, Jaga Kondusifitas Kamtibmas Di Daerah Pelosok

Sumbawa Barat, KabarSumbawa.com – Ada banyak cara untuk menjaga Kondusifitas Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). Salah satunya, seperti yang dilakukan Satuan Lalu Lintas Polres Sumbawa Barat, pada Jum’at (4/5) yang lalu.

IMG 20190504 WA0016

Patroli Kamtibmas, itulah cara yang dilakukan Satlantas Polres KSB dengan mengunjungi pelosok-pelosok desa yang  jauh dari Polres.

Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Mustofa, S.Ik melalui Kasat Lantas, IPTU Putu Gede Caka PR, S.I.K mengungkapkan,
Patroli tersebut diawali dengan pemberian arahan mengenai rute yang akan dilalui. Dimana sebelum berangkat, dirinya menghimbau agar peserta memprioritaskan keselamatan serta tidak ugal-ugalan dalam mengendarai sepeda motornya.

IMG 20190504 WA0013

“Utamakan keselamatan, bawa motornya jangan ngebut karena bisa membahayakan orang lain,” tegasnya.

Baca juga:  Masyarakat Nelayan Bangun Kerjasama dengan Swasta

Medan yang sulit serta jalan berlumpur dan Tanjakan yang ekstreem pun mulai mengiringi selama perjalanan tim trabas Kamtibmas hingga memasuki desa pertama yakni Desa Mantar.

IMG 20190504 WA0010

Di desa dengan julukan negeri di atas awan tersebut, rombongan Trabas menyempatkan diri menyapa warga untuk menyampaikan himbauan terkait Kamtibmas.

“Momen seperti ini kan jarang terjadi, jadi mumpung kita lagi di Desa Mantar sekalian memberikan himbauan agar warga tetap menjaga Kamtibmas di Desanya meskipun jauh dari Polres,” Imbuhnya.

Setelah itu, perjalanan berlanjut ke Desa berikutnya yakni Desa Rarak Ronges, Kecamatan Brang Rea.

Untuk menuju ke desa paling ujung dari Kecamatan Berang Rea tersebut, berbagai halangan dan rintangan seperti jalan yang berlubang hingga tanjakan ekstreem membuat para tim Trabas Kamtibmas harus jatuh bangun, namun itu semua tidak menyurutkan semangat para Polisi ini mengunjungi wilayah hukumnya.

Baca juga:  Catat! Jadwal SKD CPNS Kabupaten Sumbawa 2020

Diungkapkan gelarnyaKasat Lantai, tujuan digelarnya Trabas Kamtibmas ini untuk meningkatkan kehadiran polisi di tengah-tengah masyarakat sebagai pencegahan bertemunya faktor niat dan kesempatan yang menjadi pemicu timbulnya kriminalitas. Dan juga memberikan bantuan berupa Sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Kegiatan patroli ini merupakan perwujudan kehadiran polri di tengah masyarakat sebagai sarana untuk menyampaikan pesan Kamtibmas kepada masyarakat dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah yang sulit dijangkau,” pungkasnya.(KS/yud)

Komentar