Ini Cara Polres KSB, Jaga Kondusifitas Kamtibmas Di Daerah Pelosok

Date:

Sumbawa Barat, KabarSumbawa.com – Ada banyak cara untuk menjaga Kondusifitas Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). Salah satunya, seperti yang dilakukan Satuan Lalu Lintas Polres Sumbawa Barat, pada Jum’at (4/5) yang lalu.

Patroli Kamtibmas, itulah cara yang dilakukan Satlantas Polres KSB dengan mengunjungi pelosok-pelosok desa yang  jauh dari Polres.

Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Mustofa, S.Ik melalui Kasat Lantas, IPTU Putu Gede Caka PR, S.I.K mengungkapkan,
Patroli tersebut diawali dengan pemberian arahan mengenai rute yang akan dilalui. Dimana sebelum berangkat, dirinya menghimbau agar peserta memprioritaskan keselamatan serta tidak ugal-ugalan dalam mengendarai sepeda motornya.

“Utamakan keselamatan, bawa motornya jangan ngebut karena bisa membahayakan orang lain,” tegasnya.

Baca juga:  Bupati Instruksikan Segera Tangani Jalan dan Drainase Pasca Musim Hujan

Medan yang sulit serta jalan berlumpur dan Tanjakan yang ekstreem pun mulai mengiringi selama perjalanan tim trabas Kamtibmas hingga memasuki desa pertama yakni Desa Mantar.

Di desa dengan julukan negeri di atas awan tersebut, rombongan Trabas menyempatkan diri menyapa warga untuk menyampaikan himbauan terkait Kamtibmas.

“Momen seperti ini kan jarang terjadi, jadi mumpung kita lagi di Desa Mantar sekalian memberikan himbauan agar warga tetap menjaga Kamtibmas di Desanya meskipun jauh dari Polres,” Imbuhnya.

Setelah itu, perjalanan berlanjut ke Desa berikutnya yakni Desa Rarak Ronges, Kecamatan Brang Rea.

Untuk menuju ke desa paling ujung dari Kecamatan Berang Rea tersebut, berbagai halangan dan rintangan seperti jalan yang berlubang hingga tanjakan ekstreem membuat para tim Trabas Kamtibmas harus jatuh bangun, namun itu semua tidak menyurutkan semangat para Polisi ini mengunjungi wilayah hukumnya.

Baca juga:  RAPAT AKSI #1 : Analisis Percepatan Penurunan Stunting dan Penentuan Lokus Tahun 2025

Diungkapkan gelarnyaKasat Lantai, tujuan digelarnya Trabas Kamtibmas ini untuk meningkatkan kehadiran polisi di tengah-tengah masyarakat sebagai pencegahan bertemunya faktor niat dan kesempatan yang menjadi pemicu timbulnya kriminalitas. Dan juga memberikan bantuan berupa Sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Kegiatan patroli ini merupakan perwujudan kehadiran polri di tengah masyarakat sebagai sarana untuk menyampaikan pesan Kamtibmas kepada masyarakat dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah yang sulit dijangkau,” pungkasnya.(KS/yud)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

THR ASN Pemkab Sumbawa Sudah Bisa Dicairkan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup...

Kapolsek Rhee Dan Plampang Berganti

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -  Kepolisian Resor Sumbawa menggelar Upacara...

Peringati Malam Nuzulul Quran, Bupati Ajak Ciptakan Masjid Ramah Anak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa memperingati malam...

Bupati Instruksikan Segera Tangani Jalan dan Drainase Pasca Musim Hujan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud...