oleh

Sederet Pengabdian Mahasiswa KKN-PPM UNSA di Desa Maman

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Mahasiswa KKN-PPM Universiatas Samawa (UNSA) Program KKN – PPM Hibah Pengabdian Kemenristekdikti Tahun 2019, terus melakukan pengabdiannya kepada masyarakat, di Desa Maman Kecamatan Moyo Hulu.

Pengabdian tersebut dituangkan ke dalam berbagai kegaitan diantaranya, penyuluhan konsep ekowisata berbasis masyarakat, pelatihan pola penangkapan ikan “lestari”, pelatihan pengolahan/agroindustri ikan air tawar Waduk Batu Bulan, pembuatan ruang penunjang wisata waduk Batu Bulan, dan pembuatan video promosi waduk Batu Bulan.

Rudi Masniadi, SE., ME salah seorang pembimbing KKN-PPM Unsa mengatakan, kegiatan digela sejak tanggal 02 April sampai dengan tanggal 30 April mendatang. dijelaskan, pada kegiatan penyuluhan konsep ekowisata berbasis masyarakat, diikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri atas perwakilan dari masing-masing dusun yang terhimpul dalam Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Desa setempat. Kemudian mengahadirkan dua orang narsumber yakni Narasumber Yudi Aihdiansyah, M.Si; dan Jhon Kenedi, S.Pd., M.Pd.

Baca juga:  Mahasiswa UMM Bertekad Tingkatkan Layanan Pendidikan di Desa Kakiang

Kemudian pada kegiatan pelatihan pola penangkapan ikan “lestari” kata dia, diikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri dari warga Desa Maman yang merupakan nelayan waduk Batu Bulan. Pada kegiatan pelatihan pengolahan/agroindustri ikan air tawar Waduk Batu Bulan, diikuti oleh 30 orang yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga yang terhimpun dalam organisasi PKK Desa Maman.

Selanjutnya pada kegiatan pembuatan ruang penunjang wisata waduk Batu Bulan, yakni membuat beberapa titik/spot fotografi dan selfi di area waduk batu bulan, dilaksanakan oleh mahasiswa tim KKN PPM bersama Pokdarwis Desa Maman.

Kemudian sebagai bentuk promosi terhadap potensi wisata yang ada di Desa Maman, dilakukan pembuatan video promosi waduk Batu Bulan yang akan diunggah ke Youtube dan social media lainnya oleh mahasiswa tim KKN PPM. (KS/)

Baca juga:  Pererat Silaturahmi, KGO KSB dan Sumbawa Gelar Pertandingan Persahabatan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *