oleh

Ratusan Jamaah Calon Haji Divaksin

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Ratusan Jamaah Calon Haji (JCH) tahun 2019 di Kabupaten Sumbawa mendapatkan Vaksi Miningitis dan influesna.

Pemberian vaksin dilakukan agar para JCH terhindar dari penyakit seperti penyakit meningitis serta untuk menjaga kekebalan tubuh para jamaah.

Pemberian vaksin dilakukan di Kantor Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten, dan akan belangsung hingga tiga hari kedepan.

Sekretaris Dikes Kabupaten Sumbawa, Ir. Surya Darmasyah, ditemui di ruang kerjanya, Kamis (04/04/2019) mengatakan, vaksin tersebut akan diberikan ke apa 304 orang JCH.

Dijelaskan, para JCH ini telah dilakukan pemeriksaan tahap pertama  yakni pemeriksaan semua jenis penyakit baik menular atau tidak menulard, dilakukan di Puskesmas.

Baca juga:  Kodim Bima Latih Survival Mahasiswa Pencita Alam

Kemudian lanjutnya, dilanjutkan dengan pemeriksaan tahap kedua yakni pemberian vaksin meningitis dan influensa, setelah itu, data JCH yang telah melakukan semua tahapan tersebut akan dimasukan kedalam Sistem Kesehatan Haji (Siskohat) sehingga para jamaah bisa melakukan pulunasan tahap terakhir.

“setelah masuk data baru ada konektifitas dengan bank bagaimana jamaah haji belum bisa melunasi pemabyaran tahap akhir ketika belum melakukan vaksin. Semua yang kita vaksin ini semuanya dinyatakan sehat,” pungkasnya. (KS/aly)

Komentar