oleh

KPU Sumbawa Telah Terima Lima Jenis Surat Suara

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak lima jenis surat suara pemilu tahun 2019 yakni surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, Provinsi dan Kabupaten telah diterima oleh KPU Sumbawa.

Ketua KPU Sumbawa Muhammad Wildan, M.Pd., mengatakan, saat ini surat suara tersebut sedang dilakukan penyortiran.
“Alhamdulillah saat ini kita sudah terima 5 jenis surat suara, sekarang sedang di sortir,” ujarnya, Senin (25/03/2019).

Setelah tahapan sortir kata dia, akan dilakukan paking dengan dimasukan ke dalam amplop sesuai dengan kebutuhan masing-masing TPS.

Sekretaris KPU Kabupaten Sumbawa, Lahmuddin, menambahkan, surat suata yang diterima saat ini merupakan distribusi surat suara tahap akhir yakni, suara DPRD Provinsi Dapil NTB V dan surat suara DPRD Kabupaten Sumbawa Dapil V.

Baca juga:  Ketua KPPS Tero Jotang Beru Meninggal Dunia

Surat suara DPRD Provinsi Dapil NTB V sejumlah DPT plus 2 persen yakni 337.250. Sedangkan surat suara DPRD Kabupaten Sumbawa Dapil V sejumlah 47. 963 lembar termasuk 2 persen cadangan.

“Hari kita sudah terima surat suara tahap terakhir, dari 1.686.250 lembar total peneriman surat suara dari KPU RI ke KPU Sumbawa,” katanya

Adapun tahapan berikutnya, yakni tahapan penyortiran dan pelipatan surat suara yang dimulai hari ini. Berdasarkan hasil sortir, apabila ada kekurangan, maka secepatnya KPU akan meminta untuk pendistribusian sejumlah kekurangannya. Begitu juga jika ada kelebihan, maka, KPU akan segera melakukan pemusnahan bersama Bawaslu dan pihak Kepolisian. Sehingga surat suara terdistribusi sampai ke tingkat TPS sejumlah DPT plus 2 persen.

Baca juga:  KPU Sumbawa Simulasikan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019

“Kita berharap seluruh logistik ini tiba di TPS H-1 atau 16 April 2019,” ujarnya.

Dikatakan, dengan diterimanya surat suara terakhir ini, maka semakin menambah optimisme KPU, bahwa pemilu akan sukses digelar 17 April 2019 mendatang. (KS/aly)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *