Menanam Pohon Diharapkan Menjadi Budaya Dalam Kehidupan

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dalam rangka konservasi alam dan pelestarian lingkungan, Forum Komunitas Hijau Samawa Rea (FKHSR) penanaman pohon di DAS Semongkat Rabu sore (13/03/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Sumbawa yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Drs. H. Rasyidi, serta Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Sumbawa, Kapolres Sumbawa, Pimpinan OPD, Camat Batulanteh, dan Rektor UNSA.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Drs. H. Rasyidi dalam sambutannya, berharap kegiatan menanam pohon dan pelestarian lingkungan ini tidak berhenti pada acara seremonial semata, tetapi hendaknya dapat berkelanjutan menjadi sebuah budaya dan kebutuhan dalam kehidupan, dalam upaya mendukung terciptanya kualitas udara dan lingkungan yang bersih dan sehat.

Sebab menurut Rasyidi, kualitas lingkungan dewasa ini memiliki kecenderungan semakin menurun. Adanya banjir di musim hujan, kelangkaan air ketika kemarau tiba, serta pencemaran air tanah dan sungai tentunya dapat mengancam kehidupan manusia. Kondisi ini terjadi disebabkan perilaku manusia yang hanya mengeksploitasi alam tanpa memperhatikan keseimbangan atau kelestarian lingkungan hidup.

Baca juga:  THR ASN Pemkab Sumbawa Sudah Bisa Dicairkan

dijelaskan, hutan merupakan paru-paru dunia. Jika air dikatakan sebagai sumber kehidupan, maka hutan dapat dikatakan sebagai penyangganya. Akar-akar kayu yang ada di hutan berfungsi untuk menyerap dan menyimpan air. atau singkatnya, hutan merupakan mesin sirkulasi air paling canggih yang tak dapat digantikan dengan apapun. Hutan merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sebagian besar masyarakat kita, kerena hutan memberikan sumber kehidupan bagi kita semua. Hutan menghasilkan air dan oksigen sebagai komponen yang sangat diperlukan bagi kehidupan umat manusia.

Dalam rangka menggerakkan masyarakat untuk melakukan penanaman pohon, presiden RI telah menyerukan kepada seluruh masyarakat agar dapat melakukan penanaman pohon sebanyak 25 batang setiap orang selama hidupnya. untuk itu, bupati mengharapkan kepada semua masyarakat untuk bersama-sama menanam pohon bagi kepentingan anak cucu kita, demi mendapatkan lingkungan yang sejuk, bersih dan sehat.

Baca juga:  Tingkatkan Pelayanan Publik, Sekda Sumbawa Kunjungi 4 Dinas Klaster Penting

“terima kasih atas terselenggaranya kegiatan yang sangat bermanfaat ini. Semoga ikhtiar baik yang telah dilakukan oleh Forum Komunitas Hijau ini dapat diikuti dengan pemeliharaan yang baik oleh masyarakat sekitar, karena kegiatan penanaman pohon yang dilakukan pada hari ini menggunakan bibit-bibit tanaman yang bernilai ekonomi tinggi, yang tentunya sangat bermanfaat, baik bagi peningkatan pendapatan masyarakat maupun untuk menjaga ketersediaan air serta memberi manfaat perlindungan bagi keanekaragaman hayati,” Demikian Rasyidi. (KS/)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

KEMENKUMHAM NTB Terima Hibah Lahan dari Pemda KSB

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Bertempat di Graha Fitrah Kemuter...

THR ASN Pemkab Sumbawa Sudah Bisa Dicairkan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup...

Kapolsek Rhee Dan Plampang Berganti

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -  Kepolisian Resor Sumbawa menggelar Upacara...

Peringati Malam Nuzulul Quran, Bupati Ajak Ciptakan Masjid Ramah Anak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa memperingati malam...