oleh

Masa Reses I DPRD Sumbawa Berkahir, Ini Hasilnya

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dewan Perwakil Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumbawa, menggeral sidang paripurna Penyampaian Hasil Masa Reses I DPRD Kabupaten Sumbawa, Selasa (12/03/2019) di ruang sidang utama DPRD setempat.

Dalam paripurna tersebut, terungkap hasil reses yang terjaring di 5 Dapil dikelompokkan dalam tiga bidang, yakni fisik, ekonomi dan pendidikan, Sosial Budaya dan Kesehatan.

Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Dapil I melalui juru bicaranya, Khaeruddin, S.E menyampaikan, beberapa aspirasi yang terserap di Dapil I. Pertama Fisik, meliputi Perbaikan tanggul pengaman tebing, pembangunan sekolah, pembangunan jalan lingkungan, pembangunan jalan usaha tani, pembangunan hotmix jalan, lampu penerangan jalan, pembangunan jembatan/jembatan limpas, peningkatan jalan, pembangunan turap/talud/bronjong penahan tebing, pembuatan tembok tempat pemakaman umum, pembuatan sumur bor, normalisasi sungai, perbaikan drainase, saluran irigasi, cekdam, pembangunan balai pertemuan/gedung serba guna, pemagaran makam dan pembangunan jalan wisata, termasuk juga pembangunan dan peningkatan jalan dari simpang jalan Desa Olat Rawa menuju Dusun Nanga Lidam.

Kedua Bidang Ekonomi, meliputi Pengadaan alat pertanian, perikanan, bibit ternak, benih berkualitas, pengadaan terop dan kursi, pengadaan mesin diesel, pengadaan sampan, transplantasi terumbu karang, pembangunan jaringan listrik, bantuan dana atau modal usaha bagi kelompok masyarakat, pemberian pelatihan/pembinaan dan pemberian bantuan alat bengkel, pertukangan, menjahit, serta bantuan peralatan atau sarana prasarana untuk usaha kecil menengah (UKM) lainnya.

Ketiga bidang Pedidikan, Sosial Budaya dan Kesehatan, meliputi Pembangunan tembok dan lokal sekolah, pembangunan PAUD, pembangunan tempat ibadah, renopasi cagar budaya, penataan tempat pariwisata, pengadaan Tempat Pemakaman Umum (TPU), pembangunan TPA, penambahan alat kesehatan rumah sakit, puskesmas, dan postu.

“Kami berharap semua aspirasi masyarakat sebagai salah satu bagian dalam penyusunan RKPD, dapat ditampung dan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah,” ujarnya.

Selanjutnya, juru bicara Dapil II Muhammad Yasin Musamma, menyampaikan, secara umum aspirasi yang terserap di Dapil 2 Kabupaten Sumbawa, sebagian besar aspirasi masyarakat lebih mengarah kepada bentuk fisik.

Sebab, dinilai manfaatnya dapat dilihat dan dirasakan langsung oleh masyarakat, seperti pembuatan jalan, jembatan, pengadaan alat mesin pertanian (alsintan) serta dalam bentuk lainnya.

Kemudian, juru bicara Dapil III Rosihan, S.E., menyampaikan, aspirasi yang terserap diantaranya, Pertama di Bidang Fisik, meliputi, Perbaikan tanggul pengaman tebing, pembangunan dan rehab sekolah, pembangunan jalan lingkungan, pembangunan jalan usaha tani, pembangunan hotmix jalan, pemasangan paving blok, lampu penerangan jalan, pembangunan jembatan/jembatan limpas, peningkatan jalan, pembangunan turap/talud/bronjong pengaman tebing, pembuatan tembok tempat pemakaman umum, pembuatan sumur bor, normalisasi sungai, perbaikan drainase, saluran irigasi, cekdam, pembangunan balai pertemuan/gedung serba guna, dan pemagaran makam.

Baca juga:  Tolak Pelantikan Kades Lito, Warga Segel Kantor Desa

Kedua di Bidang Ekonomi, meliputi Pengadaan alat pertanian, perikanan, benih berkualitas, pengadaan terop dan kursi, pengadaan mesin diesel, pengadaan sampan, transplantasi terumbu karang, pembangunan jaringan listrik, bantuan dana atau modal usaha bagi kelompok masyarakat, pemberian pelatihan dan pemberian bantuan alat bengkel, pertukangan, menjahit, serta bantuan peralatan atau sarana prasarana untuk usaha kecil menengah (UKM) lainnya.

Ketiga di Bidang Pendidikan, Sosial, Budaya dan Kesehatan, Meliputi Pembangunan tembok dan lokal sekolah, pembangunan PAUD, pembangunan tempat ibadah, renopasi cagar budaya, penataan tempat pariwisata, pengadaan Tempat Pemakaman Umum (TPU), pembangunan TPA, penambahan alat kesehatan rumah sakit, puskesmas, dan postu.

Adapun aspirasi yang terserap di Dapil IV Kabupaten Sumbawa juga dikelompokkan dalam tiga bidang, seperti disampaikan Juru Bicara Dapil IV M. Berlian Rayes, S.Ag. Pertama Bidang Fisik, meliputi Pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan, jembatan, paving blok, drainase, bendungan, chek dam, saluran irigasi, jalan usaha tani, pemagaran makam dan pembangunan jalan wisata, Normalisasi sungai, pembangunan turap/talud/bronjong pengaman tebing, jaringan irigasi, pembangunan sumor bor dan sarana air bersih, Pembangunan dan perbaikan sarana prasarana pendidikan, sarana ibadah, dan sarana prasarana kesehatan Pembangunan jaringan listrik dan pemasangan lampu jalan.

Kedua di Bidang Ekonomi, meliputi Penguatan Lembaga UMKM seperti pemberian pelatihan dan pemberian alat pembuatan kue, rombong, alat salon, mesin jahit, alat bengkel dan perlindungan pedagang retail dari persaingan usaha tidak sehat, Pengembangan bidang peternakan, pertanian, perikanan dan kelautan guna mendukung penguatan kelembagaan kelompok tani, kelompok ternak seperti pengadaan bibit unggul, pengadaan alsintan, pupuk, pengadaan alat ketinting, rumpon dan kerambah bagi para nelayan, dan Pemerintah Daerah diharapkan turut mengontrol harga kebutuhan pokok yang sering mengalami kenaikan harga terutama menjelang perayaan hari-hari besar, sehingga banyak masyarakat yang mengeluhkan hal tersebut.

Ketiga di bidang Bidang Kesehatan,Sosial dan Budaya, meliputi Pemetaan daerah rawan bencana guna meminimalisir dampak yang akan ditimbulkan, Penambahan alat kesehatan untuk pukesmas dan postu, Penguatan kegiatan keagamaan, adat dan budaya Samawa karena bagian dari kearifan lokal dan Pemberdayaan dan pengembangan potensi wisata dan situs cagar budaya.
Berikut Aspirasi yang terserap di Dapil V Kabupaten Sumbawa, seperti terurai dalam penyampai juru bicara Dapil V Hamzah Abdullah. Pertama Bidang Fisik, antara lain Pembangunan dan perbaikan prasarana jembatan, drainase, pengamanan tebing turap/talud/bronjong pengaman tebing, Pembangunan infrastruktur jalan di masing-masing kecamatan dan desa, termasuk jalan lingkungan baik produk lapen ataupun rabat beton serta paving blok, Pembangunan Jalan Usaha Tani dan Saluran Irigasi Pertanian guna menunjang kebutuhan para petani, Perbaikan prasarana pendidikan pada masing-masing tingkatan dari TK/PAUD sampai SMP baik kebutuhan pembangunan lokal baru maupun rehab gedung guna menunjang proses belanja siswa, Pembangunan dan perbaikan prasarana kesehatan guna memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal pada masyarakat, Penyediaan alat bermain dan komputer serta laptop untuk menunjang kegiatan ujian nasional berbasis komputer, Penyediaan sumber air bersih untuk kebutuhan harian masyarakat maupun penyedian sumber air untuk kebutuhan pertanian petani serta dilengkapi dengan fasilitas penunjang pertanian lainnya, Pembangunan dan perbaikan rumah ibadah baik masjid maupun mushollah serta pura ataupun tempat ibadah lainnya guna kenyamanan dalam menjalankan ibadah.

Baca juga:  Firin-Fud, Resmi Mendaftar Ke KPU

Kedua Bidang Sosial, Budaya dan Pariwisata, diantaranya
Pengadaan sarana dan prasarana untuk kelompok PKK di Desa, Pengadaan kursi dan terop untuk kegiatan sosial serta keagamaan masyarakat, Pemasangan batu/pengaman pantai serta pembenahan Desa wisata sebagai destinasi andalan Kabupaten Sumbawa.

Ketiga Bidang Ekonomi, Pengadaan Alsintan menjadi kebutuhan prioritas petani begitu juga dengan mesin ketinting dan rumpon serta sampan fiber bagi para nelayan, Pengadaan rombong bagi pedagang kecil dipinggir jalan serta perlindungan usaha pedagang retail eceran dari gempuran hegemoni atau monopoli toko modern berjejaring dan Pengadaan alat pertukangan dan perbengkelan guna menggerakkan lokomotif ekonomi di desa. (KS/aly)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *