oleh

Terus Bertambah, 64 Telah Tergigit Hewan Penular Rabies

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Korban gigitan Hewan Penular Rabies (HPR) di Kabupaten Sumbawa terus bertambah.

Berdasarkan data dari Dinas Kesahatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa Per 6 Maret 2019, tercatat 64 orang telah terkena gigitan HPR, dan tersebar di 18 kecamatan.

Ir. Darmasyah, Sekretaris Dikes Kabupaten Sumbawa, membenarkan hal tersebut. Diterangkan, dari 64 kasus gigitan tersebut semua Koran telah diberikan Vaksin Anti Rabies (VAR) di masing-masing Puskesmas tempat kejadian.

Lanjutnya, hingga saat ini tim gerak cepat yang telah dibentuk oleh Pemda Sumbawa, terus melakukan upaya pencegahan penyebaran rabies, salah satunya dengan cara mengeliminasi HPR terutama anjing yang tak beruan atau liar.

Baca juga:  Dikes Bantah Pengadaan Alkes Sia-Sia

“Tim terus bekerja, kami harapkan dapat melakukan eliminasi sebanyak mungkin terhadap HPR tidak bertuan. Untuk HPR yang sudah divakasin, jangan di lepas lagi,” ungkapnya. Jum’at (08/03/2019).

Terkait ketersedian Vaksin di kecamatan sejauh ini masih cukup. Stock di kecamatan cukup banyak, bahkan sampai 8 vial di kecamatan yang dianggap dominan.

Sementara, terhadap stock di Kabupaten sudah tidak terlalu banyak. Karenanya pihak Dikes sudah mengajukan permohonan penambahan vaksin sebanyak 150 vial.

“Insya Allah segera sampai. Tetapi kita tidak terlalu khawatir, karena stock yang ada di kecamatan masih cukup,” ujarnya. (KS/aly)

Komentar