Hasil Produksi Perikanan Tangkap Kabupaten Sumbawa, Meningkat

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Hasil produksi perikanan tangkap di Kabupaten Sumbawa, mengalami peningktan. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sumbawa, Ir, Dirmawan, Rabu (06/02/2019) di ruang kerjanya.

Pada tahun 2017, produksi perikanan tangkap ditargetkan sebesar 55.412,18 ton dan realisasinya mencapai 55.443,80 ton. Kemudian pada tahun 2018 ditargetkan sebesar 57.051,45 ton dan realisasi mencapai 57.051,20 ton.

“Ada perbandingan, jadi ada peningkatan pada produksi perikanan tangkap dari tahun 2017 ke 2018,” ujarnya.

Terjadinya peningkatan hasil prodiksi perikanan tangkat menurutnya, dikarenakan telah dilakukan berbagai upaya, misalnya melalui modelisasi penangkapan yang menggunakan teknologi dengan sistem ramah lingkungan, mengatur perizinan dalam penangkapan jenis ikan, serta pembuatan rumah baru ikan.

“ ada pengaturan regulitif, jadi kita coba mengatur regulasinya dalam rangka pengelolaan perikanan tangkap. Itu yang kita atur. Kemudian tim produksi teknologi termasuk pembentukan fishing drone, membuat rumah-rumah ikan. itu sudah dilakukan, ini meningkatkan produksi,” jelasnya.

Lanjutnya, untuk mempertahankan serta meningkatkan produksi perikanan tangkap pada tahun 2019. Pihaknya akan memperhatikan wilayah hilir seperti memperbaiki prosesing atau pengolahan ikan sehingga memberikan harga yang bagus.

“ kita akan perbaiki dari hulu ke hilirnya, kita akan berupaya mengembangkan perikanan tangkap. Saya kira nanti dengan adanya konversi dari BBM ke Gas tahun 2019, mesin-mesin armada itu juga akan kita konversi. Sehingga biaya melaut akan menjadi lebih irit. Ini bagian kecil yang akan kita lakukan di 2019 ini,” tambahnya. (KS/aly)

Komentar

News Feed