Hingga Awal Februari, Waspadai Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Badan Meteorilogi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Sumbawa menghimbau kepada masyarakat agar mewaspada hujan lebat disertai angin kencang di wilayah Kabupaten Sumbawa.

Kapala BMKG Kabupaten Sumbawa, Endriyono yang ditemui oleh Kabar Sumbawa, Senin (28/01/2019) di ruang kerjanya menerangkan, berdasarkan prediksi dari BMKG bahwa puncak musim hujan untuk wilayah Sumbawa terjadi pada akhir Januari hingga awal Februari mendatang. Sehingga terjadi peningkatan curah hujan yang cukup tinggi, hingga phenomena cuaca lainnya termasuk petir dan angin kencang

“Jadi memang kita sudah prediksikan bahwa akhir Januari adalah puncak musim hujam daripada Sumbawa, sehingga memang terjadi peningkatan terhadap curah hujan, phenomena cuaca lainnya termasuk petir dan angin kencang,” terangnya.

Disamping itu kata dia, di pekan-pekan ini ada petumbuhan dari Siklon Tropis Riley seminggu yang lalu sudah terbentuk di selatan wilayah Sumbawa menuju ke Autralia, dan sekerang posisinya sudah di Australia sehingga cuaca sudah mendingan dibandingkan beberapa waktu lalu.

“Kemarin seharian angin, hujan, tapi sekarang sudah berkurang, walaupun masih tetap terjadi curah hujan yang tinggi, kemudian angin kencang, jadi memang saat ini cuacanya lagi puncak musim hujan yakni ada di akhir Jaunari sampai pada awal Februari,” ujarnya

Untuk kecepatan angin terangnya, di masih dibawah ekstrim yakni sekitar 40 Km/jam atau 20 knot, jadi belum sampai yang sangat ekstrim yakni 25 knot. Lanjutnya, angin tersebut terajdi dikarenakan adanya pertumbuhan awan Komulus Nimbus yang menutupi sebagian besar wilayah Sumbawa.

“yang perlu di waspadai saat ini adalah pertama curah hujan dengan intensitas lebat sampai dengan sangat lebat, kemudian angin kencang, hingga petir, tiga hal tersebutlah yang perlu diwaspadai daripada pertumbuhan awan-awan komulus nimbus atau awan-awan pembentuk hujan,” demikian Endry. (KS/aly)

News Feed