oleh

KPU Sumbawa Kukuhkan 55 Relawan Demokrasi Pemilu 2019

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa mengukuhkan sebanyak 55 orang relawan Demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019, Rabu (23/01/2019) di aula Hotel Sernu Sumbawa.

Para relawan demorkasi ini nantinya akan bertugas untuk mensosialisasikan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 kepada masyarakat Kabupaten Sumbawa.

Ketua KPU Sumbawa Syukri Rahmat, S.Ag mengatakan, relawan demokrasi akan menjadi perpanjangan tangan dari KPU, untuk memberikan sosiaslisasi pemilu kepada 11 basis pemilih yang ada, diantaranya basis pemilih milenial, pemilih perempuan, pemilih pemula, basis disabilitas, komunitas, hingga wagra net.
Menurutnya, dua tujuan besar dibentukanya relawan demokrasi, yang pertama untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Mengingat secara nasioanal targe partisipasi pemilih minimal 75%, kemudian di Kabupaten Sumbawa minimal 77%.
Kemudian yang kedua lanjutnya, untuk memebrikan pendidikan politik bagi pemilih, yakni pendidikan politik yang profesional, sehat, sehingga menlahirkan pemilih yang cerdas.

Baca juga:  Setelah Plano DPTb, Jumlah Pemilih di Kabupaten Sumbawa Bertambah

“ini satu tugas pokoknya relawan demokrasi, ini penting dalam rangka mengukur legitimasi peserta pemilu yang terpilih nanti.” Terangnya.
Kepada puluhan relawan ini, ia menegaskan bahwa relawan demokrasi tidak boleh menjadi tim sukses dan berpihak secara nyata untuk peserta pemilu.
“relwan dekorasi tidak boleh menjadi tim sukses untuk peserta pemilu. Tidak boleh ada keberpihakan yang nyata. Relawan juga tidak boleh like dan komen setatus peserta pemilu,” tegasnya.

Usai dikukuhkan, puluhan relawan ini langsung diberikan bimbingan teknis (Bimtek) oleh Empat Anggota KPU Sumbawa. (KS/aly).

Komentar