oleh

Pelajari Penerapan Simda Online, Pemda Ksb Datangi Pemda Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Guna memperdalam Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA), Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Sumbawa Barat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sumbawa, Senin (14/01/2019).

Tim BPKD Sumbawa Barat diterima Kepala BPKAD Kabupaten Sumbawa Drs. H. Baharuddin, MM, di Bertempat di Aula Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) setempat.

Kepala BPKAD Kabupaten Sumbawa, menyambut baik kunjungan sinergi pemerintah KSB tersebut, guna bersama-sama memperdalam penerapan SIMDA secara online di Kabupaten Sumbawa Barat.
Ia mengatakan, Kabupaten Sumbawa telah menerapkan SIMDA Online sejak sekitar 4 (empat) tahun sampai saat ini. Dan terus melakukan pengembangan-pengembangan sehingga akan lebih mempermudah kinerja para pengelola keuangan di tingkat perangkat daerah khususnya bendaraha, subbag perencanaan maupun pejabat pengelola keuangan.

Baca juga:  Dishub Tata Ulang Retribusi Parkir

Pemkab Sumbawa kata dia, saat ini sedang berupaya mengintegrasikan Sistem Perencanaan Daerah (SIMRENDA) ke dalam SIMDA, sehingga akan lebih mengefesienkan sirkulasi kerja perencanaan kedalam aplikasi penganggaran maupun penatausahaan keuangan daerah.

Sementara itu Kepala BPKD Kabupaten Sumbawa Barat Nurdin Rahman, S.E mengatakan bahwa saat ini Kabupaten Sumbawa Barat masih menerapkan SIMDA Keuangan offline, sehingga untuk mengakselesrasi pelayanan pengelolaan keuangan daerah serta meminimalisir kekeliruan adminsitrasi keuangan, maka akan diterapkan secara online.

“Untuk itu kami datang berkunjung untuk mendalami penerapan SIMDA Keuangan secara online. Terima kasih kami sampaikan kepada segenap jajaran BPKAD Kabupaten Sumbawa yang telah bersedia menerima kunjungan ini”, ujar Nurdin sambil memperkenalkan anggota Tim yang ikut serta pada kegiatan dimaksud.

Baca juga:  Update 28 April 2020 Covid-19 NTB, 227 Positif, 30 Sembuh

Selanjutnya kegiatan diskusi maupun praktek penerapan SIMDA Keuangan Online dipandu oleh Kepala Bidang Anggaran BPKAD Kabupaten Sumbawa Riki Trisnadi, SE, M.Si, dengan narasumber antara lain Kepala Bidang Perbendahaan, Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Daerah, Kasubbid Penyusunan Anggaran, Kasubbid Penatausahaan Anggaran pada BPKAD Kabupaten Sumbawa, Sekdis dan Kasi Infrastruktur IT pada DInasKominfotik Kabupaten Sumbawa. (KS/)

ksbksb ksbksb