oleh

60 Menit Bergotong Royong, Sumbawa Galakkan Zero Waste

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebagai salah satu rangkaian dari perayaan HUT Kabupaten Sumbawa ke-60, Pemerintah Kabupaten Sumbawa mengadakan gerakan gotong royong 60 menit, Minggu (13/01/2019) kemarin.

Kegiatan tersebut dilakukan serentak diseluruh wilayah seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Sumbawa, dan diikuti oleh segenap elemen masyarakat Sumbawa, baik itu dari masyarakat setempat, aparat daerah dari sipil, TNI dan POLRI, karyawan BUMN/BUMD, perusahaan swasta, organisasi kemasyarakatan hingga pelajar dan mahasiswa.

Di kecamatan Sumbawa, kegiatan gotong royong 60 menit dilakukan di sepanjang bantaran Sungai Brang Biji.

Gubernur NTB DR. H. Zulkieflimansyah, turut hadir pada kegiatan tersebut. Didampingi oleh Bupati Sumbawa, ia menyisir Sungai Brang Biji menggunakan perahu karet untuk melihat secara langsung kegiatan gotong royong di sepanjang bantaran sungai. Saat berkeliling, Bupati dan rombongan mendapati beberapa titik ditemukan sampah.

Baca juga:  “Eneng Kerik Salamat”, Pemkab Sumbawa Gelar Do’a Bersama

Melalui kegiatan ini, Bupati Sumbawa H. M Husni Djibril, mengajak masyarakat Sumbawa untuk bersama-sama menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan.

“Di jalan-jalan masih kita temui sampah, sebagai masyarakat mari kita bangun kesadaran. Insya Allah, Sumbawa akan menjadi kota yang bersih, dengan langkah pertama yang kita lakukan bersama hari ini dan berkesinambungan kedepannya.

Jangan sampai ada sampah lagi di bantaran sungai. Akan ada penataan ulang dari hulu sampai ke pantai. Ini rencananya, jadi mari wujudkan  kebersamaan kita,” ajak Bupati Husni.

Pada kesempatan tersebut Gubernur NTB memberikan apresiasi kepada Bupati Sumbawa yang sejalan dan bersama-sama Pemerintah Provinsi mengkampayekan Zero Waste. “Saya sangat bersemangat disini bersama Pak Bupati. Mudah-mudahan disisa jabatan pak Bupati mampu mengatasi ini, karena sungai bukanlah tempat sampah dan sungai tidaklah seharusnya menjadi bencana, namun menjadi berkah,” kata Doktor Zul.

Baca juga:  Malaysia Razia Imigran Ilegal, DPR Imbau TKI Ilegal Ikut Pemulangan Sukarela

“Pemprov NTB sedang mengkampanyekan Zero Waste, pengurangan sampah. Mudah-mudahan sungai di Sumbawa ini bisa jadi tempat wisata yang indah kedepannya,” imbuhnya. Senada dengan Gubernur, Bupati Sumbawa H.M Husni Djibril, juga mengutarakan niat atau maksud dan tujuan yang sama untuk terus mengkampayekan Zero Waste. (KS/)

ksbksb ksbksb