oleh

Lestarikan Cerita Rakyat, PBSI FKIP UNSA Gelar Pentas Seni

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Samawa (Unsa) Sumbawa Besar, menggelar pentas seni, Selala (08/01/2019) di auditoruum Unsa, malam tadi.

Ketua program studi PBSI, Juanda, S,S. M.Pd., mengatakan, kegiatan tersebut digelar untuk meningkatkan kemapuan mahasiswa dalam hal pementasan drama, serta untuk melestarikan cerita rakyat termasuk legenda yang ada di Sumbawa.

Menurutnya, melestarikan cerita atau legenda yang ada di Sumbawa merupakan tugas dari Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia. Maka dari itu, kedepannya ia berencana akan melakukan kerjasama dengan pihak terkait, dengan harapan kegiatan semacam ini dapat dilakukan disetiap kecamatan di Kabupaten Sumbawa. Sehingga masyarakat khususnya pelajar dapat mengetahui nilai dari cerita rakyat Sumbawa.

Baca juga:  Covid-19, Dandim Sumbawa Ajak Masyarakat Laksanakan Kebijakan Pemerintah

Selain itu, dengan adanya kegiatan ini kata dia, diharapkan bisa membuka jalan bagi para sejarawan untuk menulis serta membukukan cerita atau legenda yang ada di Sumbawa.

“Malam ini, mahasiswa bahasa dari semester 5 menampilkan legenda Lala Jinis yang sudah melengenda, namun demikian masih banyak masyarakat yang tidak tahu cerita ini sepenuhnya,”ungkapnya.

Kemudian, Wakil Dekan FKIP, Rusdianto, M.Pd., mengatakan, pementasan tersebut merupakan wujud dari latihan yang telah dilakukan oleh para mahasiswa PBSI, serta salah satu wujud apresiasi terhadap pentas seni teater.

Ia berharap kegiatan secamam ini terus dilakukan, sehingga diharapkan pementasan ini terus berkembang dan lebih baik lagi. Sebab, ia mengaku bahwa FKIP selalu mendukan apa yang menjadi program dari stiap Prodi yang ada. Untuk itu, ia mempersilahkan kepada setiap prodi untuk berprogram dan terstruktur, agar apa yang dilakukan bisa lebih optimal. (KS/aly)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *