oleh

Jelang Natal dan Tahun Baru, Petugas Periksa Kendaraan Umum

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Menjelang libur natal dan tahun baru, Satlantas Polres Sumbawa bekerjasama dengan Dinas Perhubungan, Jasa Raharja, dan PM TNI, melakukan pengecekan terhadap kendaraan umum, kususnya bus kamis (20/12/2019)
Kegiatan yang dipimpin langusung oleh Kasat Lantas Polres Sumbawa, AKP Bowo Tri Handoko, SE. SIK., berpusat di terminal Sumur Payung Sumbawa. Petugas mengecek satu persatu bus yang sedang parkir maupun yang akan melakukan perjalanan.
Kasat Lantas AKP Bowo Tri Handoko, SE. SIK., ditemui usai kegitan mengatakan, pemeriksaan dilakukan pada kendaraan roda enam khususnya bus-bus, baik bus antar Daerah, Kabupaten, maupun antar provinsi.
“Saat Kami melaksanakan pemeriksaan apakah di dalam kendaraan kita temukan baik sisi teknis kendaraan apakah siap untuk melakukan perjanan menjelang tahun baru ini. Karena seperti yang kita ketahui Kabupaten Sumbawa menjadi tujuan sarana transportasi baik pariwisata,” katanya.
Dikatakan, bagi kendaraan yang tidak mempunyai kelengkapan teknis kendaraannya diberikan teguran tertulis dari Satlantas kepada para pemilik perusahaan Auto Bis ini, untuk dijadikan perhatian bagi para pengemudi agar memperhatikan kelengkapan dan kesiapan kendaraannya, mengingat keselamat penumpang lebih utama.
selain melakukan pengecekan terhadap sejumlah bus kata dia, dilakukan juga pengobatan gratis dan tes urine kepada para supir bus, dengan tujuan untuk menjaga kesehatan para supir dan penumpang, serta memastikan apakah para supir bus ini menggunakan narkoba atau obat-obat terlarang lainnya.
“Jadi disini kita menggandeng pihak Jasa Raharja memebrikan kemudahan kita dalam hal pelayanan kesehatan gratis kepada para supir maupun para penumpang, selain itu kita juga mengandeng dari pihak kesehatan dari polres sumbawa untuk melakukan tes urine dalam artian kita dapat melihat apakah pengemudi menggunakan obat-obat terlarang, sehingga bisa membahayakan penumpang,” jelasnya.
Ia menambahkan, guna mengantisipasi peningkatan volume kendaraan saat natal dan tahun baru, pihaknya akan menidirikan tiga pos pam dan pos pelayanan di Bandara. “Untuk jalur saat libur natal tahun baru, tentunya dari transportasi baik yang menuju Kabupaten Sumbawa pastinya akan meningkat, kita akan mnegantisipasi dengan meningkatkan pos-pos Pam dan pos pelayanan, kita akan dirikan 3 pos pam, untuk pos pelayanan ada di bandara,” demikian. (KS/aly)

ksbksb ksbksb
Baca juga:  Hujan Yang Disertai Angin, Sepanjang 68 Meter Tembok Pengaman Lapas Roboh