oleh

Karton Pernah Amankan Pilihan Rakyat Pada Pemilu 2014

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – kotak suara yang akan digunakan pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 medetang, hingga saat ini masing manjadi berbatan yang hangat hingga kanca Nasiaonal, tak terkecuali di Kabupaten Sumbawa.
Menyikapi hal tersebut, Divisi Sosialisasi Informasi Pendidikan Pemilih dan Pengembangan SDM KPU Sumbawa – Aryati, didampingi Anggota KPU lainnya – Yadi Hartono, dalam sosialisasi tahapan pemilu serentak kepada wartawan di Sumbawa pada Rabu (19/12/2018) kemarin menegaskan, jika kotak suara yang digunakan pada Pemilu 2019 mendatang bukan berbahan kardus, melainkan karton kedap air. Bahkan kotak suara dengan bahan karton ini pun pernah digunakan pada Pemilu 2014 lalu.
‘’Kami sudah menggunakan secara parsial kotak suara dari bahan karton kedap air ini sejak Pemilu 2014,’’ katanya
Dikatakan, penggunaan kotak suara karton kedap air pada pemilu 2014 lalu dilaksanakan di Kecamatan Sumbawa. Artinya, penggunaan kotak suara karton ini sudah melalui proses uji coba, dan hasilnya pun sukses dan aman.
‘’Kami coba dulu di pemilu 2014 di Kecamatan Sumbawa. Jadi karton ini sudah melaui pemilu ke pemilu, jadi pemilu 2019 ini bukan pertama kalinya kita untuk logistik untuk bilik suara dari karton yang kedap air. Artinya dia sudah dicoba sebelumnya. Dan itu tidak ada masalah. Kita bisa laksanakan pemilu 2014 dengan aman dan lancar. Artinya bahan karton kedap air ini mampu menghantarkan atau mampu mengamankan hasil rekapitulasi atau surat suara atau hasil pilihan rakyat yang disimpan dalam kotak suara itu secara aman. Jadi kami InsyaAllah siap,’’ jelasnya.
IMG 20181219 105333 Kabar SumbawaBahkan dalam kesempatan itu, KPU Sumbawa juga mendemonstrasikan kekuatan dari kotak suara bahan karton tersebut. Dengan mengangkat peserta sosialisasi yang masuk kedalam kotak, serta diduduki. Hasilnya pun kotak suara tidak jebol
‘’Dokumen dalam kotak suara itu paling berat sekitar 50 kg. Dan itu kita sudah coba dengan mengangkat teman-teman didalam kotak suara, dan itu tidak jebol,’’ demikian Aryati. (KS/aly)

Baca juga:  Masyarakat Lenangguar Deklarasi Pemilu Damai

Komentar