ATASI WASIR DENGAN TIPS BERIKUT

Kabarsumbawa.com – Salah satu penyakit yang bisa membuat penderitanya merasa sangat tidak nyaman adalah wasir. Bagaimana tidak, mereka bisa mengalami gejala nyeri, gatal-gatal, atau bahkan ada sesuatu yang mengganjal tatkala duduk, buang air besar, dan melakukan aktivitas lainnya.

Pakar kesehatan menyarankan penderita wasir untuk mematuhi beberapa pantangan tertentu, khususnya dalam hal mencukupi kebutuhan air putih setiap hari yang tentu bisa membantu kelancaran buang air besar, serta menghindari beberapa makanan dan minuman tertentu.

dr. Muhammad Ahmad Syammakh
dr. Muhammad Ahmad Syammakh

Untuk makanan, penderita asam urat sebaiknya menghindari konsumsi makanan pedas dan berlemak. Yang menjadi masalah adalah, makanan-makanan ini cenderung digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Sebagai contoh, makanan pedas seperti sambal tentu bisa memberikan sensasi mantap saat dikonsumsi. Sementara itu, makanan berlemak seperti gorengan, rendang, opor ayam, dan lain-lain memiliki rasa yang lezat dan bisa membuat kita ketagihan. Padahal, makanan ini bisa mengganggu pencernaan dan memperparah kondisi wasir.

Untuk minuman, penderita wasir sangat disarankan untuk menghindari minuman berkafein dan minuman beralkohol. Minuman berkafein seperti kopi atau teh memang bisa menyediakan rasa yang nikmat dan menenangkan pikiran. Sayangnya, minuman ini bisa membuat kotoran menjadi lebih kering sehingga mempengaruhi buang air besar. Sementara itu, minuman beralkohol bisa memicu dehidrasi parah yang akhirnya memicu gangguan pencernaan yang bisa membuat gejala wasir akan timbul.

Jika wasir sudah cukup parah, penderitanya sebaiknya memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter demi mendapatkan obat atau terapi yang tepat untuk mengatasinya. Jika sampai wasir membengkak parah atau bahkan mengalami perdarahan, dikhawatirkan akan memicu infeksi dan efek buruk lain jika tidak ditangani dengan baik.

loading...

News Feed