oleh

Wabup: Kemah Bakti Saka Kencana Momentum Tingkatkan Tanggung Jawab

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah membuka secara resmi perkemahan Bakti Saka Kencana Tingkat Cabang Sumbawa Tahun 2018, Jum’at (14/12/2018) di Pantai Saliper Ate Labuhan Badas Sumbawa.

Perkemahan Bakti Saka Kencana kali ini mengangkat tema “Pramuka pelopor generasi muda yang berkarakter”. Turut hadir Kadis P2KBP3A beserta jajaran, Ketua Pramuka Kwartir Cab. Sumbawa, Camat Labuhan Badas, panitia penyelenggara dan para peserta kemah bhakti.

Wakil Bupati dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan kemah bakti ini menjadi bagian dari upaya membangun kesadaran akan adanya saling ketergantungan antara unsur-unsur alam dan kebutuhan untuk melestarikannya, menjaga lingkungan dan mengembangkan sikap bertanggung jawab akan masa depan dengan menghormati keseimbangan alam, sehingga kegiatan ini merupakan momentum bagi para peserta untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan bekerjasama, mengembangkan sifat kepemimpinan, kepercayaan diri dan rasa tanggung jawab.

Baca juga:  Camat Alas Barat Minta Provinsi Percepat Penertiban Café Batu Guring

Kepada Pimpinan Kwartir, ranting gerakan pramuka dan para pembina pramuka, Wabup menghimbau untuk dapat secara bersama-sama terus meningkatkan kualitas gugus depan sebagai wahana pendidikan karakter generasi muda di Tana Samawa.

Sementara itu, Ketua Panitia Marjono, S.AP melaporkan bahwa Perkemahan Bakti Saka Kencana (Pertikana) merupakan kegiatan perkemahan yang diselenggarakan oleh Saka Kencana Tingkat Cabang Sumbawa dan Dinas P2KBP3A Kab. Sumbawa dengan melibatkan peserta pramuka tingkat penggalang dan penegak, serta peserta utusan PIK-R dari setiap sekolah se-Kabupaten Sumbawa, yang bertujuan sebagai wadah pertemuan dan ajang kompetisi guna meningkatkan motivasi anggota pramuka pramuka dan PIK-R untuk berlatih dan berkreasi di bidang keluarga berencana, keluarga sejahtera, pembangunan pengembangan kependudukan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Pertikana dilaksanakan dari tanggal 14 sampai dengan 16 Desember 2018.

Baca juga:  Tingkatkan Pelayanan Puskesmas, Tim Surveior Akreditasi Kunjungi Sumbawa

Adapun mata lomba pada kegiatan ini dibedakan menjadi dua tingkatan yaitu Tingkat Penggalang dan Tingkat Penegak. Adapun mata lomba antara lain lomba GenRe Kit, Jingle GenRe, menggambar poster, cerdas cermat, pioneering, pertolongan pertama, sandi berantai, dan pentas seni. Jumlah peserta sebanyak 280 orang yang berasal dari SMP/MTs, dan SMA se-Kabupaten Sumbawa dan pembina pendamping berjumlah 28 orang. (KS/aly)

iklan bkbpp

News Feed