oleh

Menjelang Pemilu 2019, KPU Sumbawa Terus Lakukan Sosialisasi

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Untuk memastikan seluruh wajib pilih tersalurkan hak pilihnya, KPU Sumbawa semakin gencar melakukan sosiali. Mengingat Pemilu Serentak 2019 semakin dekat.

Setelah sebelumnya memberikan kursus kepemiluan kepada organisasi pemuda dan mahasiswa, kini Tim KPU sumbawa, kembali memberikan sosialisai kepemiluan dengan menyasar warga Kecamatan Utan, Kamis (13/12/18) di kantor Camat setempat. Sosialiasasi dipimpin oleh Komisioner KPU Divisi Hukumdan Pengawasan Pemilu Sudirman, S.IP.,

Kepada warga, Sudirman menyampaikan pentingnya untuk memberikan hak pilih pada pemilu serentak 2019. Sosialisasi ini diharapkan kepada seluruh warga negara untuk bisa secara aktif menggunakan hak suaranya pada 17April 2019 mendatang.

Baca juga:  Dana Panwaslu Terancam Tidak Dipenuhi Seluruhnya

Oleh karena itu, KPU sangat mengharapkan adanya peningkatan partisipasi pemilih minimal 70% apalagi bisa lebih, karena semakin tinggi tingkat partisipasi maka makin tinggi tingkat legitimasinya. “kali ini baru dilaksanakan pemilu serentak dengan mencoblos 5 kertas suara dan 5 kotak suara”, ujarnya.

Dirman mendorong masyarakat untuk menjadi pemilih yang cerdas dan rasional. Artinya mampu melihat figur, latar belakang, trackrecord, serta rekam jejaknya.
“jika tidak mampu menjadi pemilih rasional maka akan kehilangan harapan lima tahun ke depan”, tegasnya.

Selain itu, kepada peserta sosialisasi ini diharapkan mampu menyebarluaskan pesan pemilu ini di lingkungannya masing-masing. Ini dinilai penting, agar masyarakat lainnya dapat berpartisipasi menggunakan hak pilihnya dengan menjadi pemilih yang cerdas dan rasional dengan tidak menukar suaranya dengan rupiah.

Baca juga:  Usulan Pergantian Bacaleg PDIP Tidak Dapat Dipenuhi

“Hasil yang diharapkan KPU Sumbawa pada pemilu serentak 2019 mendatang, yang menang bermartabat, yang kalah terhormat,ā€¯pungkas Dirman. (KS/aly)