oleh

KPU Sumbawa Beri Kursus Kepemiluan Pada Pemuda dan Mahasiswa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Salah satu upaya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa untuk meningkatkan angka partispasi pemilih pada Pemilu 2019 mendatang, yakni  menggelar Kursus Kepimiluan Tahap I, Rabu (12/12/2018).

Kursus Kepimiluan Tahap 1 ini diikuti oleh organisasi pemuda dan mahasiswa di Kabupaten Sumbawa.

Komisioner KPU Sumbawa Sudirman, S.IP menyebutkan, keterlibatan organisasi pemuda dan mahasiswa  pada proses kepimiluan sangat diharapkan untuk membuka akses atau jaringan informasi kepada masyarakat wajib pilih. Sehingga masyarakat wajib pilih mendapatkan pemahaman seputar kepemiluan. Mulai dari desain penyelenggaranan pemilu 2019 hingga produk hukum yang menjamin proses pemilu berjalan dengan baik.

Baca juga:  Terkait Pemulihan Ekonomi Nasional dan Pilkada Serentak, Bupati Terima Arahan KEMENDAGRI

“Ketika kita melibatkan banyak perwakilan pemuda, mereka diharapkan mampu menjadi agen pembawa informasi pemilu. Minimal pesan yang disampaikan, bahwa  pada tanggal 17 April akan diadakan pemilu serentak. Pileg dan Pilpres,” katanya.

Menurutnya, pasca kursus ini, KPU berharap kepada para pemuda, khususnya mahasiswa agar selain mendapatkan pemahaman, mereka juga bisa menjadi bagian dari penyelenggara pemilu di wilayahnya masing-masing. Minimal Mereka bisa terlibat sebagai anggota PPK, PPS dan KPPS.

“Generasi seperti ini bisa terlibat secara lagsung, karena sudah mendapatkan pemahaman yang utuh dari KPU. Sebab kami yakin, dalam konstruksi pembangunan demorkrasi, keterlibatan aktif dalam pemilu, tidak hanya KPU semata, tapi juga harus ada keterlibatan masyaraat sipil dalam mendorong kepimiluan bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya. (KS/aly)

Baca juga:  Dirut BAKTI Kominfo Kunjungi Desa Tepal

Komentar