Penipuan Bermoduskan Arisan, Satu Orang Amankan Diri Ke Polres

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Seorang wanita berinisial NV (28) warga salah satu Desa di Sumbawa, mengamankan diri ke Polres Sumbawa, setelah kediamannya didatangi oleh puluhan warga setempat yang diduga menjadi korban penipuan bermoduskan arisan oleh yang bersangkutan.

Kasat Reskrim Polres Sumbawa, AKP Zaky Maghfur SIK, yang dikonfirmasi, Kamis (06/12/2018) di ruang kerjanya membenarkan hal tersebut.

“Dua malam yang lalu dia mengamankan diri kesini. Zaky mengatakan, yang bersangkutan membuka jualan arisan di media social Facebook miliknya dengan sistem 2 dapat 4.

Arisan tersebut beberapa kali telah diposting, sehingga banyak orang tertarik mengikuti arisan tersebut. Kemudian ada juga yang mendengar terkait arisan tersebut dari mulut ke mulut, sehingga ikut bergabung.

Baca juga:  Anak di Bawah Umur Diduga Nekat Mencuri untuk Beli Rokok

“Ada sekitar 150 orang yang mengikuti arisan tersebut. Masing-masing orang beda-beda, ada yang 1 juta, 2 juta, 4 juta, bahkan ada yang 75 juta bahkan ada yang 120 juta secara bertahap,” ungakpanya.

“sistemnya seperti ini, dari modalnya dia tidak ada, tapi kok bisa menjanjikan dua kali lipatnya, ternyata setelah di dalami yang bersangkutan gali lubang tutup lubang, misalkan dari yang 2 juta harus jadi 4 juta, dia mencari lagi yang pasang 4 juta, maka 4 juta ini diberikan kepada yang masang 2 juta. Dia mengambil biaya administrasi sebanyak 2 hingga 5 persen,” sambungnya.

Baca juga:  Polres Sumbawa Amankan Ratusan Gram Sabu di Utan

Terkait kasus ini kata Zaky, pihaknya masih didalami apakah masuk tindak pidana penipuan atau ITE. Ia berharap dalam waktu dekat pihaknya sudah dapat menentukannya.

“Kita masih dalami, apakah penipuan atau ITE, soalnya dia jual arisannya lewat media social. Mudah-mudahan dalam waktu dekat dapat kita tentukan. Sampai saat ini yang bersangkutan masih disini” terangnya,

Dengan adanya kejadian ini, Zaky menghimbau masyarakat khususnya di Sumbawa, agar tidak mudah terpengaruh dengan hal seperti itu. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

Polres Sumbawa Amankan Ratusan Gram Sabu di Utan

Sumabwa Besar, Kabarsumbawa.com - Kepolisian Resor Sumbawa melalui Sat...

Anak di Bawah Umur Diduga Nekat Mencuri untuk Beli Rokok

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Tidak butuh waktu lama bagi...

Tim Gabungan Amankan Kayu Diduga Hasil Illegal Logging

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Operasi Gabungan (Opgab) TNI -...

Cegah Ilegal Logging, Tim Gabungan Amankan 32 Balok Kayu

Lunyuk, Kabarsumbawa.com - Tim Gabungan dari Polisi Kehutanan Plara...