2.053 Pekerja Migran Sumbawa Telah Ditempakan di Negara Tujuan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Berdasarkan data di unit Layanan Terpadu Satu Pintu dan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (LTSP-P2TKI) Kabupaten Sumbawa, hingga bulan Oktober 2018, sebanyak 2.053 orang PMI asal Sumbawa telah ditempatkan di Negara tujuanya.

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja (Penta) Dinsakertrans Sumbawa, Khaeril Anwar, yang ditemui, Kamis (06/12/2018) kemarin, di LTSP, mengatakan, Negera penempatan yang terbanyak yakni Hongkong sebanyak 828 orang kemudian Taiwan 335 orang, Malaysia 300, Berunai Darussalam 288, singapur 280, diasmping itu da juga PMI yang mandiri yang skill atau formal dengan neraga penempatan Jepang 17 orang, Bahrain 2 orang, Oman 1 orang, Turkie 1 orang, dan Kuawait 2 orang.

Itu data dari Januari sampai Oktober, untuk November belum direkap. Kemudian untuk mandiri kebanyak yang perhotelan, kebetulan mereka kebanyakan pernah kerja di Bali,”

Berdasarkan hasil wawancara dengan para PMI kata dia, Hongkong lebih dominan, dikarenakan berbagai faktor yakni, yang pertama dari segi pengahasilan lebih tinggi, kedua Hongkong terbuka terhadap ketenanga kerjaan, sehingga lebih diminan Hongkang dipilih menjadi Negara Tujuannya.

“Kebanyakannya mereka di bidang pembantu rumah tangga untuk non skill atau informal. Kesehatan juga ada, tapi tidak dirincikan,” demikian Khaeril. (KS/aly)

Komentar

News Feed