Tahun 2019, Disdukcapil Sumbawa Mulai Terbitkan KIA

Date:

Sumbawa, Basar, Kabarsumbawa.com – Pada tahun 2019 mendatang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumbawa, akan melakukan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA).

Kepala Disdukcapil Kabupaten Sumbawa, Ir. H. Zulqifli, yang ditemui belum lama ini mengatakan, penerbitan KIA di Kabupaten Sumbawa akan dilakukan pada tahun 2019 mendatang.

“Ini kita di Sumbawa kita akan lakukan pada tahun 2019 mendatang, dikartunya tidak ada cipnya, warnanya merah, tidak ada foto bagi anak yang berumur 5 tahun kebawah, 5 tahun keatas ada fotonya. Untuk pesyaratannya sendiri, berdasarkan perpres yang baru, menggukan Kartu Keluarga. Nanti aka ada bantuan kartu dari pusat, juknisnya juga dari pusat, akan dianggarkan melalui dana DAK, kemudian juga berjalan lancar maka bisa diadakan melalui APBD,” jelasnya.

Baca juga:  Ini Alasan Satpol PP Tertibkan Badut di Lampu Merah

Menurutnya, KIA merupakan usaha pemerintah agar anak berusia 17 minus 1 mendapatkan indentita. Hal ini dirasa penting, karena dengan demikian yang bersangkutan dapat melaksanakan aktivitas-aktivitas tertentu, seperti membuka rekening bank.

Selain itu, penerbitan KIA untuk memastikan individu yang bersangkutan dengan menunjukan kartu tersebut, sehingga jelas identitasnya. Kemudian terdapat nilai-nilai positif yang akan dikembangkan bagi anak-anak nantinya. Sebab Disdukcapil akan berupaya melakukan kerajasama dengan perusahaan-perusahaan manju yang ada di Sumbawa, untuk memberi diskon-diskon tertentu kepada anak-anak dengan menggunakan KIA. (KS/aly)

Baca juga:  THR ASN Pemkab Sumbawa Sudah Bisa Dicairkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

THR ASN Pemkab Sumbawa Sudah Bisa Dicairkan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup...

Kapolsek Rhee Dan Plampang Berganti

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -  Kepolisian Resor Sumbawa menggelar Upacara...

Peringati Malam Nuzulul Quran, Bupati Ajak Ciptakan Masjid Ramah Anak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa memperingati malam...

Bupati Instruksikan Segera Tangani Jalan dan Drainase Pasca Musim Hujan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud...