YKMI Salurkan Bantuan UNHCR Untuk Korban Gempa di Sulawesi Tengah

Date:

kabarsumbawa.com – Yayasan Kemanusiaan Muslim Indonesia (YKMI) bekerjasama dengan Badan Pengungsi PBB, UNHCR, mendistribusikan kebutuhan hunian untuk para penyintas gempa dan tsunami di Sulawesi tengah. Item utama yang didistribusikan ialah terpal, lampu pijar tenaga matahari, kelambu, matras tidur dan tenda.

“Di desa Mamboro, Palu Utara kami telah membagikan sebanyak 66 tenda keluarga, 126 kelambu, 235 matras tidur,132 solar lamps, dan terpal sebanyak 200 buah. Jumlah penerima manfaat ada sekitar 266 orang,” Ujar penanggung jawab program distribusi YKMI, Teuku Zulkifli (11/28/2018)

Menurut Zulkifli, YKMI akan mendistribusikan bantuan tersebut di tiga kabupaten terdampak, yakni, Palu, Donggala dan Sigi. “Kriteria penerima manfaat yang menerima bantuan ini ialah mereka yang rumahnya rusak berat dan sedang. Lalu juga mereka yang belum mendapatkan tenda baik dari pemerintah atau LSM” kata Zulkifli

Baca juga:  Sejarah Desa Rhee Segera Tercatat dalam Buku

Rencananya pendistribusian ini akan dilakukan secara berkala. Mulai dari pertengahan November hingga akhir Desember.“Berdasarkan data yang sudah kami dapatkan ada sebanyak 17 desa di tiga kabupaten di Sulawesi tengah yang rencanya akan kita datangi untuk memberikan bantuan ini.”ungkap Zulkifli

Baca juga:  Sejarah Desa Rhee Segera Tercatat dalam Buku

Sebelumnya, YKMI bekerjasama dengan UNHCR juga telah mendirikan sebanyak 705 tenda keluarga yang kini telah dihuni 2820 orang.

Untuk diketahui gempa bumi berkekuatan M 7,4 mengguncang Sulawesi Tengah pada Jumat 28 September 2018, disusul tsunami setinggi 2,2-11 meter dengan jangkauan hingga 500 meter, dan likuefaksi di Balaroa, Petobo dan Jono Oge.

Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperkirakan sekitar 68.000 rumah telah rusak akibat gempa dan tsunami, sementara sekitar 80.000 orang telah menjadi pengungsi internal sebagai akibatnya. (ks/)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Sejarah Desa Rhee Segera Tercatat dalam Buku

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Sejarah Desa Rhee, Kecamatan Rhee,...

Avian Brands Peduli : Melukiskan Masa Depan Cerah Anak di NTB

Mataram, Kabarsumbawa.com - Sejalan dengan tanggung jawab sosial terhadap...

Mindful Ramadhan 1445 H: 10 Malam Menjelang Raya

Kabarsumbawa.com - Semoga Allah senantiasa memberikan semangat dan kekuatan...

Personil Polsek dan Bhayangkari KPL Tano Berbagi Takjil di Pelabuhan

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Personil Polsek dan Bhayangkari KPL...