Krabat Telah Dimanfaatkan Oleh 7000 Petani Miskin di Sumbawa

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kredit Sahabat atau dikenal dengan Krabat adalah Kredit tanpa bunga yang dihajatkan pemerintah daerah agar para petani miskin yang tersebar di seluruh pelosok perdesaan dapat terbebas dari jeratan rentenir. Hingga saat ini sebanyak 7000 petani miskin telah merasakan manfaatnya.

Kasubbag Pengembangan Perekonomian Daerah Bagian Perekonomian Setda Kab. Sumbawa Ninik Lidiyawati, SE.,M.Ec.Dev dalam Rapat Koordinasi Tim Pengendali Kredit Sahabat pada Kamis pagi (15/11/2018) di Aula H. Madilaoe ADT Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa melaporkan, dilaksanakannya kegiatan tersebut untuk memberikan informasi tentang pelaksanaan Krabat Tahun 2018 terkait realisasi, kondisi di lapangan, kendala dan permasalahan yang dihadapi.

Baca juga:  Atasi Peningkatan Permintaan, Pertamina Kembali Tambah Pasokan LPG 3 kg di Pulau Sumbawa

Sementara itu, Bupati Sumbawa dalam sambutannya yang disampaikan oleh Pelaksana Tugas Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kab. Sumbawa Drs. H. Muhammading, M.Si, mengatakan, Krabat telah berjalan kurang lebih selama 2 tahun, dan saat ini sudah memasuki tahun kedua pelaksanaannya. Sebanyak 20 milyar dana kredit sahabat ini telah disalurkan kepada 101 desa/bumdes, dan disambut antusias oleh masyarakat, bahkan mengalami perputaran yang cukup baik, sehingga sangat membantu para petani untuk dapat terus berproduksi.

Baca juga:  Atasi Peningkatan Permintaan, Pertamina Kembali Tambah Pasokan LPG 3 kg di Pulau Sumbawa

Bupati menghimbau semua pihak, khususnya para Camat yang tahun ini desa-desa di wilayahnya kembali mendapat dana krabat melalui program desa bebas rentenir, agar senantiasa melakukan pendampingan, pembinaan dan monitoring, termasuk berkoordinasi dengan Bumdes selaku lembaga penyalur krabat, sehingga dapat dipastikan bahwa program tersebut berjalan dengan baik, dan ke depan diharapkan Bumdesa yang terbentuk dapat terus berkembang sebagai usaha pelayanan jasa keuangan desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa. (KS/)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

Atasi Peningkatan Permintaan, Pertamina Kembali Tambah Pasokan LPG 3 kg di Pulau Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - PT Pertamina Patra Regional Jatimbalinus...

Momen Ramadhan, Pertamina Pastikan Stok BBM dan LPG Aman di NTB

Mataram, Kabarsumbawa.com – Memasuki bulan suci Ramadhan tahun ini...

Pertamina Tambah Pasokan LPG 3 Kg Masa Ramadhan dan Idul Fitri di Pulau Sumbawa

Mataram, Kabarsumbawa.com - Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus menyiapkan...

Indosat Berkah Ramadan 2024 : Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau...