oleh

Kick Off Bupati Tandai Dimulainya Gala Desa

Utan, kabarsumbawa.com –  Pembukaan Gala Desa Kabupaten Sumbawa dalam rangka memperebutkan piala Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, ditandai dengan kick off oleh Bupati Sumbawa pada Jum’at sore (16/11) di Lapangan Sepakbola Desa Jorok Kecamatan Utan.

Kegiatan yang diawali dengan devile oleh para kontingen tersebut, turut dihadiri oleh Ketua TP PKK Kab. Sumbawa, Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan Kemenpora RI beserta rombongan, Pimpinan OPD, Camat Utan beserta para Muspika Kec. Utan, Camat Lab. Badas dan Camat Moyo Utara yang menjadi lokasi Gala Desa 2018, Ketua KONI Kab. Sumbawa, Ketua Percab. PSSI Kab. Sumbawa, para ketua/pengurus Cabor se-Kabupaten Sumbawa.

Bupati Sumbawa H.M. Husni Djibril, B. Sc. menyambut baik penyelenggaraan Gala Desa yang merupakan program pembudayaan olahraga agar masyarakat gemar berolahraga dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia telah terjadwal secara Nasional pada 136 kabupaten/kota peserta, termasuk salah satunya Kabupaten Sumbawa, sebagai ikhtiar bersama dalam memasyarakatkan olahraga sekaligus mengolahragakan masyarakat, untuk membangun olahraga dari bawah, dari desa, dan dari pinggiran.

Baca juga:  Diresmikan, Lapangan Olahraga Polres Sumbawa Bisa untuk Umum

“Kepada anak-anakku sekalian terutama yang masih berada di usia muda, apabila berminat dengan dunia olahraga, maka tekunilah dengan serius. Jika anda ingin membela nama negara, mengharumkan nama negara, jadilah atlet, mulailah tekuni dengan serius. Insya allah, kami Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa akan selalu mendukung agar cita-cita dan harapan kalian dapat tercapai,” pesan Bupati.

Bupati berharap melalui Gala Desa ini akan muncul atlet-atlet handal yang nantinya dapat mengangkat reputasi daerah, khususnya Kabupaten Sumbawa, dan juga dapat menjadi hiburan segar bagi masyarakat, sehingga secara langsung ataupun tidak, dapat meningkatkan minat dan kecintaan para generasi muda terhadap dunia olahraga.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan pariwisata Kab. Sumbawa Ir. H. Junaidi, M.Si melaporkan bahwa maksud dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah sebagai bentuk dukungan terhadap Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) melalui Gerakan “Ayo Olahraga”, mendukung kebijakan revolusi mental melalui olahraga, dan mendukung kebijakan pembangunan yang dimulai dari tingkat desa.

Baca juga:  Galeri Foto Klub Sepakbola Indonesia Persija Jakarta

Adapun tujuannya selain untuk menjadikan masyarakat sehat dan bugar, juga untuk terciptanya ketahanan sosial dengan memupuk rasa dan semangat persaudaraan, sportivitas, disiplin dan karakter yang tangguh, serta untuk menggali potensi atau bakat olahraga yang berasal dari desa/kelurahan untuk dikembangkan di Tingkat Nasional dan Internasional.

Peserta Gala Desa berasal dari Desa/Club/Sekolah berkisar sebanyak 620 atlet dan 140 official dengan rincian, untuk cabor sepak bola sebanyak 20 club/desa yang dilaksanakan di lapangan sepak bola Desa Jorok Kec. Utan, cabor sepak takraw sebanyak 24 club/desa untuk putra dan putri yang dilaksanakan di Desa Labuhan Sumbawa Kec. Labuhan Badas, untuk cabor atletik sebanyak 85 atlet yang dilaksanakan di Stadion Brang Biji Kel. Brang Biji Kec. Sumbawa, dan untuk cabor bola voli sebanyak 16 club yang dilaksanakan di Lapangan Desa Baru Tahan Kec. Moyo Utara. (ks/)

ksbksb ksbksb