Dikes Sayangkan Program NS di Sumbawa Minim Peminat

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Program Nusantara Sehat (NS) merupakan program pemerintah pusat untuk menempatkan tenaga teknis kesehatan seperti tenaga dokter, dokter gigi, gizi, kebidanan, kefarmasian, keperawatan, kesehatan masyarakat, kesehatan lingkungan, analis serta tenaga kesehatan lainnya untuk ditempatkan di seluruh Puskesmas yang sudah ditetapkan sebagai lokus penempatan di seluruh Indonesia.
Namun di Kabupaten Sumbawa, sangat sedikit yang meminatinya. Sehingga hal tersebut sangat disanyangkan oleh Junaidi Sekretaris Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa.
Ia menjelaskan, misalnya dari 10 Puskesmas yang ditetapkan menjadi lokus penempatan Nusantara Sehat di Kabupaten Sumbawa, masih didominasi oleh tenaga Nusantara Sehat dari luar NTB.
Menurutnya, tenaga kesehatan non PNS bisa memanfaatkan peluang besar ini, mengingat gaji yang ditawarkan cukup memadai. Untuk daerah terpencil tenaga non medis sekitar Rp 4-5 juta, dokter sekitar Rp. 7 juta.
“Sebenarnya peluang ini sangat terbuka bagi tenaga kesehatan non PNS, tapi teman-teman kesehatan belum memanfaatkan ini. Banyak dari luar NTB. Droping pertama tenaga NS ke Kabupaten Sumbawa sekitar 30 orang. Itu ditempatkan di empat puskesmas. Droping kedua sekitar 19 orang. Jadi ada sekitar 40 an orang. Sementara orang Sumbawa tidak mencapai 10 persen,” Kata Junaidi di ruang kerjanya, kemarin.
Ada dua sistem dalam penempatan tenaga NS, yakni Tim dan individu. Untuk Tim, terdiri dari 5 sampai 9 tenaga kesehatan yang mencakup tenaga dokter, dokter gigi, gizi, kebidanaan, kefarmasian, keperawatan, kesmas, kesehatan lingkungan, analis serta tenaga kesehatan lainnya. Hanya saja salah satu persyaratannya belum menikah.
Sedangkan untuk sistim individu, itu disesuaikan dengan kebutuhan tenaga yang dibutuhkan oleh Puskesmas serta tidak disyaratkan mengenai status apakah sudah menikah atau belum menikah. (KS/aly)

Baca juga:  Dikes Himbau Masyarakat Waspada Flu Singapura

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Dikes Himbau Masyarakat Waspada Flu Singapura

Kabupaten Sumbawa, Kabarsumbawa.com - Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa...

Dikes Sumbawa Atensi Peningkatakan Kasus DBD

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD)...

FKH UNDIKMA Latih Petugas Kesehatan Hewan Pulau Sumbawa Cara Pengendalian dan Penanggulangan Wabah Penyakit

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Fakultas Kedokteran Hewan (FHK) Universitas...

Tahun Ini, Pemda Sumbawa Rehab 11 Pustu

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati...