oleh

Pemukulan Gong dan Begenang Ramai, Buka Festival MU 2

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemukulan Gong oleh Wakil Bupati Sumbawa serta Begenang ramai menandai dimulainya Festival Moyo Utara (MU) 2, Minggu sore (28/10/2018) di Lapangan Sebewe Kec. Moyo Utara.

Festival tersubut diawali dengan pawai budaya dan akan diakhiri oleh kegiatan sedekah let sekaligus penutupan dari seluruh rangkaian acara Festival MU 2 tahun 2018 yang akan dilaksanakan di Pantai Labuhan Sawo, Desa Penyaring tanggal 31 Oktober 2018.

Camat Moyo Utara Drs. Hasanuddin dalam laporannya mengatakan, Festival MU 2 merupakan salah satu ikhtiar dari masyarakat Moyo Utara untuk melestarikan nilai-nilai budaya, adat & tradisi tau Samawa. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh desa yang ada di kecamatan Moyo Utara.

Ia berharap penyelenggaraan Festival MU 2 tahun ini maupun tahun yang akan datang dapat menjadi kontribusi positif bagi masyarakat Kecamatan Moyo Utara untuk pembangunan, pengembangan, dan menanamkan kembali serta membumikan kembali nilai-nilai budaya, adat dan tradisi tau Samawa.

Baca juga:  Pataka Lambang Sumbawa Segera Dikirab

Semetara itu, Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah dalam sambutannya menyampaikan bahwa Festival Moyo Utara yang dilaksanakan merupakan salah satu kegiatan pariwisata yang berkontribusi sebagai sarana komunikasi penting untuk membangun dan memberdayakan budaya Sumbawa.

Dengan menyadari fenomena dan dampak globalisasi oleh eksistensi budaya lokal, maka diperlukan program pelestarian dan pengembangan guna memperkokoh tekanan budaya pada zaman sekarang. Sehingga, selain menjadi sarana pengelolaan yang sistematik, dapat memperoleh pengemasan produk-produk kebudayaan lapisan masyarakat sebagai upaya pelestarian budaya serta membangun kebanggaan masyarakat terhadap budayanya sendiri.

“Kegiatan Festival Budaya Moyo Utara harus mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke wilayah Moyo Utara. Mengingat sektor pariwisata merupakan sumber daya yang kuat yang dapat diandalkan. Dengan majunya wisatawan akan mampu menggerakkan ekonomi antar budaya,” kata Wabup.

Baca juga:  KPU Sumbawa Laksanakan Berbagai Agenda Kegiatan

Untuk itu, ia berharap penyelenggaran Festival Moyo Utara 2 bisa menarik minat masyarakat sehingga timbul peningkatan karakter masyarakat Sumbawa yang mendukung dibidang pariwisata.
“Kepada seluruh masyarakat kecamatan Moyo Utara agar bisa semakin terpenuhi nilai-nilai dan seni budaya daerah dalam segala segi harus tetap dilestarikan dengan semangat saling pendi, saling sakiki, saling satotang yang tertanam di dalam sanubari,” ajak wabup. (KS/)

ksbksb ksbksb