oleh

Tingkatkan Pelayanan, Dukcapil Simulasi Penerapan SOP

Kabarsumbawa.com – Kolaborasi Masyarakat untuk Kesejahteraan (KOMPAK) bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa menggelar simulasi Penerapan SOP di Lingkungan Dinas Kependudukan dna Pencatatan Sipil (20/10) di Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa.

Rahmadi selaku narasumber dari Pusakapa UI dalam pengantarnya menyampaikan Keberadaan Standar Pelayanan Operasional (SOP) Pelayanan di Disdukcapil Kabupaten Sumbawa merupakan hal yang sangat penting, Karena akan memberikan Jaminan kepada seluruh masyarakat bahwa di Disdukcapil Kabupaten Sumbawa akan memberikan pelayanan secara transparan, responsif, pasti dan cepat. Kegiatan yang berlangsung 2 (dua) hari Sabtu dan Minggu (20-21/10) dan diikuti 28 Peserta, bertujuan mensosialisasikan cara pelaksanaan SOP Pelayanan Dukcapil di Kabupaten Sumbawa yang telah disusun dan Melakukan simulasi SOP pelayanan dengan prinsip-prinsip sebagaimana diatur dalam regulasi.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa Ir. H. Zulkifli dalam sambutan pembukanya bahwa penerapan SOP ini kita laksanakan untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat, mengingat Dinas Capil ini, dinas yang bisa dikatakan laris manis dikunjungi masyarakat, mengingat tupoksi yang dilaksanakan yaitu melayani, mengatur, melaksanakan untuk mencapai pelayanan maksimal terhadap mayarakat, sehingga kita sebagai pelayan masyarakat harus terus mengembangkan inovasi-inovasi agar masyarakat dapat merasakan pelayanan prima dari kita serta kita dapat memberikan pelayanan secara transparan, responsif, pasti dan cepat, ungkapnya.

Baca juga:  Pengedar dan 14 Poket Sabu Diamankan Polisi

Ditambahkan pula jika pelayanan yang diberikan kepada masyarakat tidak selamanya berjalan lancar, ada saja yang menjadi hambatan kami seperti terganggunya jaringan server, hingga ketidaktersediaan blangko, ini menjadi hambatan yang sangat sering terjadi, walaupun begitu petugas yang terlibat dalam pelayanan di Disdukcapil Kab.Sumbawa karena mereka harus memiliki kemampuan yang memadai serta memiliki sikap melayani yang professional, ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala bagian Organsasi, Ishak S.Sos menyampaikan mengingat dominasi produk di Dinas Dukcapil seperti Akte, KTP dan KK menyampaikan bahwa pelayanan yang selama ini dilakukan secara terpisah, bisa dilakukan terpusat sehingga memudahkan masyarakat yang memerlukan pelayanan, ujarnya.

Dalam diskusi ada beberapa permasalahan, disampaikan oleh Kepala Bidang Kependudukan Syaihuddin, SH yang dihadapi oleh Dukcapil berdasarkan pengalaman yang dihadapi yaitu pelayanan bagi korban bencana alam yang terjadi beberapa bulan yang lalu, mengingat banyak dokumen-dokumen yang hilang dan rusak. Berdasarkan penjelasan yang disampaikan oleh Bapak Rahmadi inilah pentingnya peran petugas-petugas pelayanan untuk turun langsung ke lapangan dan melaporkan situasi dan kondisi, sehingga ada rekomendasi Kemendagri Juknis penanganan Adminduk terhadap korban bencana, maka disinilah letak pentingnya SOP untuk mendukung kelancaran pelayanan.

Baca juga:  Tersisa 3.166 Nelayan Di Sumbawa Belum Terasuransi

Dari hasil simulasi yang dilaksanakan bahwa diperlukan perubahan-perubahan sehingga dapat merubah pola pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, seperti perubahan tata letak, perubahan lay out ruang pelayanan, merevisi rancangan SOP, menganalisis kebutuhan SDM dan penyediaan fasilitas bagi penyandang disabilitas (kursi roda).

Diakhir kegiatan Kepala Dinas Dukcapil, Ir. H. Zulkifli menyampaikan terima kasih kepada KOMPAK yang telah memfasilitasi kegiatan ini dan membantu merealisasikan perubahan perubahan yang akan dilaksanakan oleh Dinas Dukcapil Kabupaten Sumbawa dan PUSKAPA UI yang telah memberikan pengetahuan pengetahuan yang baru bagi perubahan di Dukcapil Sumbawa. Dan kepada petugas pelayanan yang telah ikut dalam kegiatan ini, semoga dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kita semua, ungkapnya.
Kegiatan yang diikuti oleh dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa, Kepala Bagian Hukum, Distrik Koordinator KOMPAK, PUSKAPA UI, dan petugas pelayanan Dinas Dukcapil KAbupaten Sumbawa. (ks/adm)

ksbksb ksbksb