Mahasiswa S2 UTS Study Tour ke Tiga Ibu Kota Negara

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Belasan mahasiswa pascasarjana program S2 Managemen Inovasi Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) melakukan study tour ke tiga Ibu Kota Negara di Asean. kegiatan ini bertujuan untuk melihat langsung bagaimana inovasi diterapkan di kota-kota besar yang menjadi perwakilan di Asean ini.

Direktur Sekolah Pascasarjana UTS – Arif Budi Winarto yang ditemui wartawan di Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III Sumbawa, Minggu (21/10/2018) mengatakan, tiga ibu kota Negara yang menjadi tujuan study tour ini yakni Jakarta, Singapura dan Kuala Lumpur – Malaysia. Selama lima hari kedepan, rombongan akan mengunjungi universitas maupun perusahaan yang ada di tiga ibu kota negara tersebut.

“yang berangkat tersebut berjumlah 18 orang, termasuk saya sebagai pihak yang mendampingi. Selama lima hari kedepan, rombongan akan mengunjungi universitas maupun perusahaan yang ada disana,” katanya.

Dijelaskan, dipilihnya Jakarta sebagai kota tujuan karena merupakan Ibu Kota Negara Indonesia, kemudian Singapura karena masuk dalam daftar negara-negara dengan tingkat inovasi tinggi dan juga masuk dalam ranking yang tinggi di dunia, begitu pula dengan Kuala Lumpur.

Tiba di Jakarta rombongan mengunjungi pusat ilmu pengetahuan dan teknologi, juga Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Di Singapur bakal mengunjungi beberapa universitas antara lain Politeknik Temasek juga perusahaan yang bergelut dibidang perikanan dan konstruksi, yang mana mereka juga bekerjasama dengan Science and Techno Park. Sementara di Kuala Lumpur akan berkunjung ke beberapa Universitas yang ada, serta Pusat Halal di Malaysia, menyusul di NTB saat ini sangat konsen mengenai tersebut.

‘’Kunjungan ini tidak hanya untuk melihat-lihat kondisi kotanya saja. Tapi kita juga mengunjungi perusahaan dan perguruan tinggi di negara tersebut,’’ jelasnya.

“Saya berharap para mahasiswa pascasarjana ini bisa mendapatkan inspirasi sekaligus motivasi, untuk tahun kedua dalam penulisan tesisnya mereka nantinya,” imbuhnya. (KS/aly)

News Feed