oleh

Pemda Siapkan Lapak Untuk Pedagang Baru di Labuh Jambu

Sumbawa Besar,  Kabarsumbawa. Com – Dalam rangka mewujudkan pertumbuhan ekonomi di wilayah timur Kabupaten Sumbawa,  Pemerintah daerah melalui Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumbawa akan membangun sarana dan fasilitas perdangan makro di Desa Labuh Jambu Kecamatan Tarano.
Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumbawa Arif, M.Si mengatakan, pembangunan lapak tersebut dihajatkan untuk memfasilitasi wirausahawan baru yang sekarang ini direncanakan di Labuhan Jambu yang spacenya di pinggir laut.
Menurutnya,  semangat dari pembangunan lapak di Labuhan Jambu, pemerintah daerah menginginkan pertumbuhan di daerah batas timur. Sehingga bisa mengoptimalisasi potensi batas yang berhadapan dengan Kabupaten tetangga di bagian Timur.
“Lapak ini ditujukan kepada masyarakat khususnya wirausahawan baru, supaya tumbuh. Dan bagi yang belum memiliki pekerjaan dan berpenghasilan sedikit, dengan adanya lapak ini diharapkan dapat membaik,” kata Arif.
Lapak ini kata Arif, dititikberatkan pada penjualan segmen komoditi yang ada di daerah tersebut. Seperti ikan bakar, tempat kuliner makan dan minum sambil istirahat dalam perjalanan jauh. Kemudian dipadukan dengan pemandangan laut yang luar biasa.
Terhadap mereka yang menempati lapak, nantinya akan diatur oleh desa. “Sekarang akan dibangun 8 unit. Jadi  8 unit itu istilahnya kita mulai dari 8 unit dulu, dengan harapan masyarakat tergerak untuk menjadikan contoh kemudian mereka dengan swadaya membangun sarana usahanya. Insya Allah bulan ini pembangunannya akan dimulai, karena kita mengejar sampai di akhir tahun anggaran ini. ini APBD Murni namun pelaksanaannya triwulan ke IV,” jelasnya.
Menurut Arif,  untuk mendapatkan lapak mekanismenya ada  di Desa dan Kecamatan. Sebab mereka yang lebih mengetahui terkait hal itu. Selain itu, ada juga kewenangan yang dibagikan ke kecamatan, berupa Izin Usaha Micro Kecil (IUMK).  Itu sudah menjadi kewenangan camat. Sementara kewajiban berkenaan dengan pemeliharaan diserahkan kepada yang bersangkutan. (KS/aly)
ksbksb ksbksb
Baca juga:  Perkuat Pengembangan Pariwisata. Pemerintah Susun Dokumen Induk