oleh

Tambah Debit Air, PDAM KSB Bakal Jajaki Bendungan Bintang Bano.

Sumbawa Barat, KabarSumbawa.com – Bendungan Bintang Bano, yang ada di Kecamatan Brang Rea, akan dijajaki Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sumbawa Barat untuk menambah debit air ditengah terbatasnya debit yang ada saat ini.

Dirut PDAM KSB, Bambang, ST kepada wartawan, Selasa (16/10) mengungkapkan, pihaknya kini sedang menjajaki untuk penambahan debit air dengan cara mengambil air baku dari Bendungan Bintang Bano.

“Dengan penambahan debit air dari bendungan bintang bano, maka akan menambah suplai air tiga kali lipat dari jumlah air yang ada saat ini”, Jelasnya.

Kedepannya, lanjut Bambang, pipa penambahan debit air yang akan diambil dari Bendungan Bintang Bano, akan terkoneksi langsung dengan dengan pipa induk yang ada di Kecamatan Brang Ene dan yang ada di Banjar.

Baca juga:  NasDem Desak Kemenristek Terbitkan IOA Maritim di Lombok

“Dengan begitu, penerima manfaat pelanggan air bersih melaui PDAM akan diperluas radiusnya dengan debit air yang cukup banyak hingga Kecamatan Pototano dan Kecamatan Jereweh.” Imbuhnya seraya menambahkan, akan membangun 1 pipa induk. Dimana semua pipa sumber air akan terkoneksi, baik yang ada di Brang Ene, maupun yang ada di Banjar.

“Dengan penambahan sumber air dari Bendungan Bintang Bano, akan berdampak pada pemenuhan air melalui PDAM hingga daerah Pototano. Sedangkan untuk daerah Jereweh akan kita ganti pipanya dengan yang berdiameter yang lebih besar lagi”, Tandasnya.

Karena, lanjutnya, penambahan sumber air sudah sangat diperlukan. Selain karena saat ini musim kemarau yang berkepanjangan, pengambilan air bersih dengan mobil tangki untuk membantu daerah krisis air bersih seperti di beberapa titik di Kecamatan Seteluk dan Kecamatan Pototano, juga menjadi faktor berkurangnya debit air yang ada di sumber air PDAM KSB.

Baca juga:  Jika Diusung PDIP, H. Mo : Jangan Berandai-andai

“Debit airnya berkurang, pengangkutan air bersih di sumber mata air PDAM KSB juga menjadi salah satu faktornya. Untuk itu, rencana penambahan pengambilan baku air di sumber mata air yang lain juga sangat diperlukan, untuk keperluan jangka panjang kedepan”, Tukasnya.

Sementara progress saat ini, untuk pemasangan pipa induk dari Bendungan Bintang Bano, sedang dijajaki dan dilakukan kajian dari segala aspek. Agar bisa segera dipasang untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Saya berharap tahun 2020 semuanya sudah rampung dan bisa dinikmati masyarakat”, Pungkasnya.(KS/yud)

Komentar