oleh

Wabub Tinjau Pembangunan Huntara di Bungin

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Wakil Bupati Sumbawa Drs, H Mahmud Abdullah mengunjungi proses pembanguan Hunian Sementara (Huntara) untuk korban gempa bumi di Sumbawa. Salah satu yang dikunjunginya yakni pembangunan Huntara oleh Satgas NU Peduli di Pulau Bungin, Kecamatan Alas, Kamis (11/10/2018).

Wabup yang ditemui oleh media di lokasi pembanguan Huntara di Pulau Bungin mengatakan, huntara yang dibangun oleh para relawan salah satunya Satgas NU Peduli diberikan secara gratis kepada masyarakat yang rumahna rusak akibat gempa bumi. Namun kata Wabup, pengerjaannya dilakukan secara gotong royong oleh pemilik rumah bersama dengan para relawan.

Baca juga:  Sejarah Kabupaten Bima

“Huntara ini diberikan kepada masyarakat secara gratis, namun pengerjaannya secara gotong royong, bahannya diapkan, kemudian pemilik rumahnya gotong royong bersama para relawan salah satunya Satga NU peduli,” kata Wabup.

Dijelaskan, Presesnya pencairan dana untuk korban gempa masih panjang. Dana nantinya akan masuk ke rekening masyarakat yang rumahnya rusak, namun belum bisa di belanjakan sebelum membentuk Kelompok Masyarakat (Pokmas), kemudian Pokmas melakukan perencanaan apa yang akan dikerjakan, apakah Risha atau rumah konfensional. Jika semuanya selah siap kata wabup, maka dana tersebut akan kaluar.

“Itukan butuh waktu lama, sementara kita dikejar oleh musim hujan, salah satu langkah dari pemerintah Kabupaten termasuk saya dari pengurus NU, minta agar kita bagun Huntara, yang sementara sangat terbatas yang penting mereka bisa bertahan,” jelas Wabup.

Baca juga:  Gubernur Instruksikan Adanya Pos Anggaran Guna Berantas Narkoba

“Untuk Satgas NU ini ada bantuan dari PW NU Jawa Timur, Bandung, Jogja, atas bantuan ini kami ucapkan terima kasih sudah menymbang untuk bencana di Sumbawa, semuanya kami gunakan untuk Huntara sementara dana dari pemda belum ada,” imbunhnya. (KS/aly)

ksbksb ksbksb