oleh

Puskesman Sebotok Segera Beroprasi

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Masyarakat Desa Seboto Kecamatan Labuhan Sumbawa, sebentar lagi akan menikmati layanan kesehatan di tingkat Puskesmas. Pusat Pelayanan Masyarakat (Puskesmas) Sebotok akan segera beroprasi.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa, Jumaidi, M.Si., yang ditemui di ruangan kerjanya, Rabu (10/10/2018) oleh Kabar Sumbawa, mengatakan, puskesmas Sebotok akan di launcing pada hari Kesehatan Nasional (HKN) pada tanggal 12 november mendatang.

Dikatakan, saat ini sedang dilakukan proses pengangkutan mebeler yang ada di Dikes. kemudian pihaknya bersama Camat Labuhan badas akan ke Sobotok untuk mengklarifikasi kaitan dengan adanya orang yang mengklim lahan tersebut sebagai lahan miliknya, sehingga pada saat beroprasi nanti sudah klir.

Untuk tanaga kesehatannya lanjutnya, pihaknya sedang menyiapkannya, untuk saat ini ada beberapa petugas kesehatan seperti perawat dan bidan yang ada di Sebotok, secara otomatis akan di tempatkan di Puskesmas, kemudian ada beberapa petugas dari puskesmas Labuhan Sumbawa juga akan ditempatkan di Puskesmas tersebut. Selain itu pihaknya juga akan menempatkan tenaga sukarela dikarenakan kurangya PNS.

Baca juga:  PPPK Belum Terima Gaji Setara PNS

“Karena ini PNS masih terbatas, maka akan kami tempatkan tenaga sukarela, tentu ini akan kami muhon dukungan Pemda untuk memikirkan insentif mereka,” ujarnya.

Selain perawat dan bidan lanjutnya, pihaknya juga akan menempatkan satu dokter umum, namun menurutnya hingga saat ini belum ada satupun yang mendaftar.
“Untuk dokter kami sudah siapkan insentifnya sekitar 5 juta per bulan, cumin sampai sekarang belum ada yang melamar. Hingga hari ini belum ada yang daftar, kita sangat butuh untuk ditempatkan disana,” ungkapnya.

Lanjutnya, setelah Puskesmas Sebotok beroprasi, Pemerintah Daerah akan meminta bantuan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan, untuk mendapatkan tenaga kesehatan nusantara sehat yang merupakan tenaga kesehatan strategis mulai dari dokter, perawat, bidan, analis kesehatan, apoteker, dan tenaga lainnya secara tim akan bertugas di puskesmas-puskesmas terpencil diseluruh Indonesia.

Baca juga:  Penertiban Pasar Seketeng Diupayakan Persuasif

“Untuk di sebotok nanti melaui pak bupati akan bersurat ke kemenkes agar sebotok di jadikan lokasi tempat program nusantara sehat,” katanya.

Kemudian untuk pelayanan katanya, akan sama dengan puskesmas lainnya, namun secara bertahap akan dilengkapi sebagaimana puskesmaslainnya kerena standard untuk pelayanan sebagai sebuah puskesmas telah ditetapkan oleh permenkes 75 tahun 2014 tentang puskesmas.

Dengan dilauncingnya puskesmas sebotok tambahnya, artinya adalah tugas pemerintah untuk mendekatkan masyarakat dengan pelayanan kesehatan, dengan keberadaan puskesmas ini dapat memebrikan pelayanan kepada masyarakat secara optimal dengan harapan masyarakat disana dapat meningkat derajar kesehatannya. (KS/aly)

News Feed