Mencerdaskan dan Meluruskan Info Sesat, Diskominfotik KSB Gelar Pelatihan Jurnalistik

Sumbawa Barat, KabarSumbawa.com – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumbawa Barat (Kominfo KSB), menggelar pelatihan jurnalistik untuk internal dinas dan sipil yang diwakili oleh Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Kegiatan yang yang digelar selama dua hari, 26 dan 27 September di Aula Diskominfotik tersebut, diharapkan dapat mencerdaskan dan meluruskan para peserta pelatihan.

Salah satu pemateri dalam kegiatan tersebut, Tardmidzi, Kamis (27/9) siang tadi usai kegiatan mengatakan, para peserta yang mengikuti pelatihan akan dijadikan sebagai mitra pemerintah dalam penyebarluasan informasi disamping karya pewarta dibawah naungan industri media.

“Dewasa ini, banyak muncul informasi yang terkadang membingungkan warga yang hadir tanpa sumber dan asal muasal ‘hoax’.” Jelasnya seraya menambahkan pihaknya mengapresiasi pemerintah KSB terselenggara agenda tersebut.

KIM, lanjutnya, yang merupakan transformasi dari kampung media diharapkan banyak mengambil peran menyajikan informasi akurat, tajam, independent, terpercaya dan terdepan untuk menutup ruang gerak lahirnya informasi hoax.

“Informasi hoax harus kita perangi karena bisa mengganggu ketertiban umum kehidupan sosial masyarakat,” Tandasnya.

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan jurnalistik, Sudirman-warga Kecamatan Maluk sekaligus anggota dari KIM mengatakan dirinya merasa terbantu dan mendapat bekal bagaimana menyajikan informasi pada publik.

“Semoga ini berlanjut agar informasi hoax nihil di KSB,” pungkasnya.(KS/yud)

News Feed