oleh

Bupati Canangkan Kampung KB di Desa Stowe Berang Kec. Utan

Sumbawa besar,  kabarsumbawa.com – Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril, secara resmi mencanangkan Dusun Batu Rea Desa Stowe Berang, Kecamatan Utan sebagai Kampung KB pada Kamis (27/09) pagi.

Sehingga Dusun Batu Rea menjadi Kampung KB kedua yang berada di Kecamatan Utan setelah Dusun Jorok,Desa Jorok Luar yang telah dicangkan sebelumnya.

Acara pencangan Kampung KB ini dihadiri oleh Kepala Dinas DP2KBP3A, pimpinan OPD, Forkopimda Kecamatan Utan, camat Utan, Ketua tim Penggerak PKK, Ketua DPPD, Ketua LPM, dan kepala desa Se-Kecamatan Utan.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa Kampung KB merupakan salah satu program yang sangat strategis dan dibentuk dengan tujuan mensejahterakan masyarakat desa. Kampung KB ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara, dengan kriteria tertentu, dimana terdapat keterpaduan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Keluarga (KKBPK) dengan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis.

Terkait dengan eksistensi Kampung KB di Kabupaten Sumbawa, pemerintah daerah melalui OPD terkait telah melakukan berbagai upaya sehingga tim KB kecamatan dan desa telah terbentuk di semua kecamatan dan desa. selain itu, Kampung KB juga sudah terbentuk di setiap kecamatan, dan khusus Kecamatan Lantung memiliki 3 Kampung KB, sehingga yang sudah dicanangkan pada tahap awal di Kabupaten Sumbawa berjumlah 27 Kampung KB.

Baca juga:  Upacara Senin Pertama, Wabub Sampaikan 4 Hal Penting

Sebelumnya, camat Utan M. Nur SSTP menyampaikan jumlah data angka Stunting di Kecamatan Utan yang menjadi salah satu kriteria dari pencanangan Kampung KB disana. Stanting didefinisikan dengan tinggi badan yang tidak sesuai dengan pertumbuhan anak. Berdasrkan data yang diperoleh, bahwa stanting yang ada di Kecamatan Utan dengan jumlah bayi 3172 jiwa dan jumlah stantingnya 722 jiwa. Artinya 22% dari jumlah bayi Kecamatan Utan. Jumlah bayi di Desa Stowe Berang 359 bayi dengan jumlah stanting 101 jiwa sehingga 28% dari jumlah bayi di Desa Stowe Berang. Jumlah bayi Dusun Batu Rea yaitu 99 jiwa dan jumlah stantingnya 39 bayi artinya 31% dari jumlah bayi yang terdapat di Dusun Batu Rea.

Baca juga:  Jelang Ramadan, Waspadai Makanan Mengandung Zat Berbahaya

Kepala Dinas DP2KBP3A Sumbawa menyampaikan meskipun Kampung KB baru efektif berjalan setelah 2 tahun, namun sudah menampakkan hasil yang beberapa diantaranya sudah diakui secara Nasional bahkan Internasional. Seperti kampung KB Batu Nisung, yang merupakan Kampung KB pertama Nasional yang berada di Kelurahan Karang Dima Kecamatan Labuan Badas dan Kampung KB Batu Bela yang berada di Desa Lantung Kecamatan Lantung.

Kampung KB adalah wujud dari Nawacita ketiga presiden RI, yaitu membangun Indonesia dari daerah pinggiran dan Nawacita kelima meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Program ini merupakan pengejewantahan dari Nawacita tersebut dan melalui BKKBN ditangkap apa yang diinginkan oleh Presiden maka jadilah program Kampung KB yang dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Pada tahun ini pemerintah kembali mencanangkan sepuluh Kampung Kb di Kabupaten Sumbawa yang dimana Kampung KB yang dicanangkan rata-rata berada di daerah Stunting, kecuali di dua kecamatan yaitu Kecamatan Labangka dan Kecamatan Plampang yang berada di daerah GEN (Generasi Emas NTB). (ks/-)

ksbksb ksbksb