Stop Ilegal Fishing Untuk Kelestarian Sumber Daya Perikanan Yang Berkelanjutan

Date:

Kabarsumbawa.com – Bupati Sumbawa, H.M. Husni Djibril, B.Sc. secara resmi membuka Lomba Balap Sampan dan Lomba Mancing yang mengangkat tema “Stop Ilegal Fishing untuk Kelestarian Sumber Daya Perikanan yang Berkelanjutan”, yang merupakan rangkaian dari kegiatan Festival Pesona Moyo 2018, pada Sabtu pagi (22/9) di pantai Saliper Ate kecamatan Labuhan Badas. Turut hadir pada acara tersebut, Anggota Forkopimda Kab. Sumbawa, Pimpinan OPD Kab. Sumbawa, Para Camat, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Kab. Sumbawa, serta para nelayan peserta lomba.

Dalam sambutannya Bupati Sumbawa menyampaikan bahwa, bahwa sebagai daerah kepulauan, Kabupaten Sumbawa memiliki kekayaan sumber daya alam khususnya kelautan dan perikanan yang cukup besar dan beragam. Panjang garis pantai ± 982 km, dan luas perairan pantai termasuk Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) mencapai 74.000 km2. Dijelaskan, Kabupaten Sumbawa juga memiliki 63 pulau-pulau kecil, yang sebagian besar pulau-pulau kecil tersebut berada di perairan Teluk Saleh pantai utara. Hal tersebut menunjukkan bahwa Kabupaten Sumbawa memiliki potensi perikanan yang sangat besar untuk dikelola, baik melalui usaha penangkapan maupun budidaya dalam upaya peningkatan perekonomian daerah.

Baca juga:  Sumbawa Terima 76 Titik Akses Internet dari BAKTI Kominfo, Dikhususnya untuk Satuan Pendidikan

Lebih jauh disampaikan bahwa, masyarakat Sumbawa patut bersyukur karena dianugerahi berbagai potensi sumber daya, seperti Pulau Moyo yang sudah dikenal luas sampai manca Negara dan perairan Teluk Saleh yang dikenal sebagai akuarium dunia karena menyimpan berjuta potensi sumber daya hayati. Salah satu potensi tersebut yaitu keberadaan Hiu Paus (Whale Shark), yang beberapa waktu lalu menjadi salah satu obyek destinasi wisata bahari di perairan sekitar desa Labuhan Jambu Kecamatan Tarano. Keindahan bawah laut berupa terumbu karang juga tidak kalah menariknya dengan tempat-tempat lain di indonesia.

“Kegiatan lomba balap sampan dan lomba mancing yang diinisiasi oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa ini juga merupakan salah satu ikhtiar untuk menumbuhkan rasa kecintaan kita pada dunia kemaritiman, agar kita dapat memanfaatkan sumber daya ikan yang ada sekaligus juga menjaga kelestariannya dengan  menangkap ikan dengan cara yang baik dan benar” ujar Bupati.

Baca juga:  Musrenbang RPJMD 2025 - 2045, Menuju Sumbawa MAS Berkelanjutan

Sebelumnya, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Sumbawa, Ir. Dirmawan dalam laporannya mengatakan, bahwa latar belakang diadakannya lomba yaitu karena Indonesia sebagai Negara kepulauan memiliki potensi pesisir laut yang cukup dalam menunjang pembangunan nasional, baik dari aspek ekonomi, ekologis, pertahanan dan keamanan serta pendidikan dan pelatihan. Dikatakan pula, dasar dilaksanakan Lomba Balap Sampan dan Mancing, yaitu untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya budaya kelautan dan wawasan maritim serta kecintaan maupun kepedulian terhadap sumberdaya pesisir dan laut, khususnya di Kabupaten Sumbawa. (ks/-)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Musrenbang RPJMD 2025 – 2045, Menuju Sumbawa MAS Berkelanjutan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabupaten Sumbawa menggelar Musyawarah Rencana...

Penjelasan 4 Ranperda Usul Pemerintah Daerah Tahun 2023

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Dr....

Sumbawa Terima 76 Titik Akses Internet dari BAKTI Kominfo, Dikhususnya untuk Satuan Pendidikan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Tahun 2024 ini, Kabupaten Sumbawa...

UHC, Pemkab Sumbawa Komit Menuju 100% Masyarakat Miliki Jaminan Perlindungan Kesehatan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa berkomit agar...