oleh

Ke KSB, Menteri PUPR Percepat Pemulihan Pembangunan Pasca Gempa.

 

Sumbawa Barat, KabarSumbawa – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Dr. Ir. Muhammad Basuki Muljono, M.Sc, Selasa (11/9) kemarin, mengunjungi Kabupaten Sumbawa Barat untuk melaksanakan Percepatan pemulihan Fasilitas umum dan publik yang rusak karena gempa, terutama fasilitas kesehatan, pendidikan, perkantoran, rumah ibadah dan pasar.

“Sejauh ini sudah ratusan yang di bangun baik di lombok maupun di sumbawa ini. Prioritas selanjutnya adalah rehabilittasi rumah pribadi. Disini Agen PDPGR akan berperan aktif sebagai tenaga inti.” Ungkap Menteri Basuki.

Dalam kesempatan tersebut, ia berjanji bantuan pemerintah untuk rekonstruksi rusak berat akan cair minggu ini.

Baca juga:  Fakta Integritas, Bukti Komitmen Bacaleg PPP KSB Ciptakan Parlemen Yang Bersih dan Berwibawa.

“Hari ini saya sudah mendapatkan SK Bupati yang berisi data kerusakan infrastruktur karena gempa di KSB. SK Tersebut akan menjadi dasar kami untuk mengajukan pencairan di kementerian keuangan.” Jelasnya seraya menambahkan ia ditugaskan Presiden untuk melaksanakan rehab dan rekonstruksi bangunan layanan publik masyarakat. Penanganan rekonstruksi Fasilitas umum ada yang langsung permanen dan ada yang sementara, tergantung tingkat kerusakannya.

Saat ini ada sekitar 47 fasilitas publik yg dikerjakan secara serentak di KSB. Khusus untuk mekanisme penanganan rekonstruksi rumah, pihaknya sudah berdiskusi dengan bupati. Dimana, Agen PDPGR akan menjadi inti REKOMPAK. Jadi masyarakat sendiri yang mengerjakan sesuai keinginannya.

Baca juga:  Perlu Dukungan Anggaran Dorong KRPL

“Risa adalah salah satu cara bangun rumah tahan gempa. Silahkan masyarakat memilih caranya, Menggunakan RISA atau tidak silahkan saja, itu pilihan masyarakat yang penting bangunan yang dibuat bisa tahan gempa, dan sesuai standar yang ditentukan undang-undang bangunan gedung.” Pungkasnya.(KS/yud)

ksbksb ksbksb