oleh

Dr. Syafruddin Resmi Dilantik Jadi Rektor UNSA

-Pendidikan-225 views

Sumbawa Besar, Kabarsumbaw.com – Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa, hari ini resmi melantik Dr Syafruddin, SE. MM sebagai rektor unsa priode 2018/2022, mengantikan Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar, M.Pd., Kamis (30/08/2018) di ruang auditorium Sri-Bonyo unsa.

IMG 20180830 16690 Kabar Sumbawa
Pengambilan sumpah jabatan

Pelantikan Dr Syafruddin, SE. MM, dilakukan oleh ketua Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Samawa Ir. H Padusung, MM. Hadiri pada kegiatan tersebut, rektor unsa sebelumnya, Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar, M.Pd., seluruh civitas akademik unsa, serta Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H Mahmud Abdullah.

Selain pelantikan rektor, turut dilantik, Wakil Rektor (Warek) I, Sahdi Mastar, SP. M.Si mantan Dekan Fakultas Pertanian, mengantikan Dr. I Nyoman Sutama, MM., kini menjabat sebagai kepala Lembaga Penjaminan Mutu universitas (LPM) Unsa. kemudian Warek III dijabat oleh Muh Salahudin S.Ag, M.Si, sebelumnya menjabat sebagai dekan Fisipol, mengantikan Dr. Budi Prasetyo, S.Sos, M.AP., kini menjadi wakil ketua yayasan. Kemudian Dekan Fakultas Ekonomi dan Menejemen dijabat Eli Karneli ME, Dekan Fakultas Pertanian dijabat oleh Heri Kusmayadi MSi, kemudian dekan Fisipol Amrullah Mph., Sakultas Teknik Sulkarnain, MT., mengantikan Dra. Eni Nuraini, MT., yang kini menjabat sebagai pengawas yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Samawa, Dekan Fakultas Hukum Dr. Lahmudin Zuhri, SH M.Hum, kemudian fakultas Pertnakan dan Pertnakan Dr. (Cand) Sudirman Msi, dan yang terkhir Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Dr. (Cand) Suharli, M.Pd.

Baca juga:  Siswa SLBN 1 Sumbawa Kembali Wakili NTB ke Tingkat Nasional

Rektor Unsa Dr Syafruddin, SE. MM., dalam sambutannnya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mempercayainya sebagai rektor unsa periode 2018/2022. Ia meyakini dengan kerjasama yang baik serta bekerja dengan sungguh-sungguh dan ikhlas, akan mendapatkan hasil yang terbaik.

Menurutnya Ada lima komponen yang ditingkatkan oleh pejabat perguruan tinggi untuk meningkatkan perporma perguruan tinggi. Yang petama sumber daya manusia (SDM), sebab SDM ini menyengkut tentang pendidikan para dosen wajib S3,. Kemudian akreditasi lanjutnya, unsa akan meningkatkan akreditasi institusi dan program studi, selain akan ada akreditasi personal. Selanjutnya kegiatan mahasiswa yang berkinerja, kinerja artinya ada proses dan ada output hingga bukan hanya sebatas konsep. kemudian peningkatkan penelitian dan pengabdian dosen berbasis kinerja, yakni penelitian yang memiliki output bukan hanya sekedar laporan. Yang tekahir kinerja inovasi, menurutnya ini yang paling penting, sebab inovasi yang diharapkan adalah inovasi yang menjadi output yang bisa diperjual belikan di masyarakat atau menjadi barang berharga.

Baca juga:  SMAN 2 Jadi Duta Sumbawa ke LCC Empat Pilar Provinsi NTB

“itulah lima konsep penting dalam meningkatkan peporma perguruan tinggi,”katanya.

Sementara itu, Rektor unsa sebelumnya Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar, M.Pd., dalam sambutannya berpesan, agar rektor baru beserta kabinetnya, agar bisa terus memanjukan unsa dengan cara berkreasi dan berinovasi seinggha unsa lebih maju di masa yang akan datang.

“ukuran majunya unsa, yakni SDM meningkat, jumlah mahasiswa semakin banyak, kondisi dan keberadaan gedung harus nambah, dan sebagainya,” ucapnya.

Kemudian Wakil Bupati Sumbawa Drs. H Mahmud Abdullah dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada Rektor Universitas Samawa yang baru serta kepada para Wakil Rektor dan para Dekan yang juga dilantik. ia berharap kepada pemimin unsa yang baru kerja keras disertai rasa tanggung jawab yang tinggi, serta didukung dengan pola kerjasama yang konstruktif antara pihak yayasan dengan universitas.

Wabup berharap agar seluruh civitas akademika berserta mahasiswa unsa bersama-sama Pemerintah Daerah bergandeng tangan membantu masyarakat Sumbawa terdampak gempa dengan mengembalikan semangat para korban dengan memberikan trauma healing. (KS/aly).

Komentar