oleh

Dua Jamaah Haji Sumbawa, Meninggal di Tanah Suci

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dua orang jamaah haji Indonesia asal Sumbawa meninggal dunia di tanah Suci. Dan telah di makamkan di Makkah.

Kapala Kemenag Sumbawa, Melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, Suryanto, S.Ag., yang ditemui di ruangannya, Selasa (28/08/2018) kemarin mengatakan, Dua jamaah haji tersebut yakni Siti Udiyah binti M Saleh (65) Desa Nijang, Kecamatan Unter Iwes, kemudian Sanudin Syam (67) asal Desa Simu, Kecamatan Maronge. Kini keduanya telah di makamkan di Makkah.

Dijelaskan, Siti Udiyah meninggal di Mina, pada tanggal 22 Agustus, ia meninggal setelah melontar jumrah di hari pertama, artinya masih ada hari kedua dan ketiga yang belum ia jalani, kemudian ada satu rukun yakni tawaf yang belum ia kerjakan.

Baca juga:  TNI Sigap Bantu Korban Bencana

Untuk penyebab kematiannya kata Suryono, berdasarkan satrifikat kematian yang dikeluarkan oleh Arab Saudi tidak ada penyakit, tetapi lebih mengarah ke kelelahan sebab ia terlalu mamkasakan untuk menyelsaikan aktivitas haji secepatnya padahal masih ada waktu.

Kemuidan Sanuddin Syam lanjutnya, meninggal di Makkah pada tangga 25 Agustus, dalam keadaan telah selesai menjalankan seluruh rukun haji. Untuk penyebeb kematian ungkapnya, berdasarkan riwayat penyakitnya, ia memiliki penyakit jantung.

“Jadi ada tiga orang yang meninggal, termasuk yang dari lunyuk, meninggal dalam perjalanan,” katanya.

Untuk Situ Udiyah ini tambahnya, kerena proses hajinya belum selsai, maka kewajiban dari panitia penyelenggara haji Arab Saudi untuk menyelsaikan hajinya, dalam istilahnya membadalkan (menganti sehingga Hajinya tuntas).

Baca juga:  Pemda Sumbawa Perbolehkan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah

“nanti panitia lakukan haji atas nama yang meninggal, sehingga proses hajinya yang meninggal ini selsai. Orang lain yang jalankan haji tapi atas nama Situ Udiyah,” tambahnya.

Dijadawalkan, jamaah haji Sumbawa kloter 6 akan pulang tanggal 06 September, dan akan tiba di sumbawa sekitar magrib, kemudian kloter 8 akan pulang tanggal 09 Sepetember, tiba di sumbawa sekitar asar. (KS/aly).

ksbksb ksbksb