oleh

Mensos Bawa Salam Presiden dan Rp 89 Milliar ke Sumbawa

Kabarsumbawa.com – Menteri Sosial RI, Agus Gumilan kartasasmita menyambangi lokasi pengungsian yang ada di Kabupaten Sumbawa. Dalam kunjungannya, Mensos membawa salam dari Presiden RI, Joko Widodo dan anggara sebesar Rp 88 Milliar.

“Salam dari bapak Presiden. Salam hormat dari beliau. Saya dilantik dua hari lalu, dan langsung diperintahkan untuk berkunjung ke Lombok dan Sumbawa. Karena belum ada pejabat pusat yang datang ke sumbawa pasca banjir dan gempat kemarin. itu perhatian beliau, sehingga langsung memerintahkan saya. kemarin saya di Lomobk sekarang di Sumbawa,” katanya di halaman Kantor Bupati Sumbawa, Minggu (26/08).

iklan

Diungkapkan, kedatangannya untuk melihat langsung penangangan yang dilakukan oleh bergabai pihak termasuk Pemda Sumbawa. “Saya ingin melihat langsung yang dihadapi oleh bapak ibu sekalian. Komitmen kita semua termasuk bupati (Sumbawa, red) untuk memberikan pelayanan terbaik,” jelasnya.

Ia mengingatkan, dalam menghadapi bencana, masyarakat masyarakat tetap akan didampingi oleh pemerintah, baik kabupaten, provinsi maupun pusat. Bahkan pendampingan tersebut akan diberikan hingga korba kembali memasuki rumah masing-msing.

“Pemerintah juga, dari setiap tingkatan juga akan selallu mendampingi dari mulai awal bencana sampai nanti proses pemulihan seratus persen, bisa kembali ke ruamah masing-masing. Yakinlah pemerintah akan selalu mendampingi. Ada hikmah kebersamaan, kegotong-royongan, dari semua pihak disini,” ungkapnya.

Baca juga:  Pemda Siapkan Lahan Penganti BBU Sering

Ditekankan, masyarakat tidak segan untuk menyampaikan masukan kepada pemerintah baik kabupaten, provinsi dan pusat. Sebab, tidak ada persoalan yang dapat dianggap terlalu sepele, dan musti dicari solusi terbaik.

“Jangan ragu untuk sampaikan keluhan kepada aparatur baik pusat, provinsi, kabupaten. Karena bagi kami tidak ada masalah yang boleh kita anggap terlalu kecil, sekecil apapun persoalan itu harus dicarikan jalan keluar,” katanya.

Ia menjanjikan, pemerintah pusat akan memberikan bantuan masing-masing Rp 10 juta bagi rumah rusak ringan, Rp 25 juta bagi rumah rusak sedang, dan Rp 50-an juta  bagi rumah rusak berat. Selain anggaran, Kementerian Sosial juga akan memberikan bebearpa pelatihan kepada masyarkat.

Selain itu, korban akan diberikan bantuan saat memasuki masa rehabilitasi atau rekonstruksi, seperti peralatan rumah termasuk peralatan dapur. Dan dana jaminan hidup Rp 300 ribu per kepala, maksimal selama tiga bulan.

Baca juga:  Komisi X: Bila Perlu Bubarkan Saja STIP

“Kita juga akan berikan bantuan banjir Februari lalu yang pernah dijanjikan mensos. Satu unit mobil tangki air dan mobil rescue yang diminta pak bupati, tolong dibuatkan permohonannnya. Dan kita akan pertimbangkan segera bantu, agar mempermudah proses yang harus dilakukan pemda dalam membantu masyarakat,” tegasnya.

Kedetangan Menteri Sosial RI, juga sekaligus membawa anggaran bantuan bagi korban gempa di Kabupaten Sumbawa sebesar Rp 89.802.215.507. Dengan rincian, bantuan permakanan sekitar Rp  750 juta, perlengkapan pengungsian Rp 666 juta, santunan ahli waris korban bencana meninggal dunia Rp 150 juta, bantuan korban keluarga harapan sekitar Rp 42 Milliar, bantuan beras sejahtera sekitar Rp 44 Milliar, dan bantuan cadangan beras pemerintah sekitar Rp 1 Milliar. (kd/adm)