Sumbawa Dipastikan Tidak Kekurangan Ternak

Kabarsumbawa.com – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Sumbawa menyambut baik program lumbung ternak rakyat yang ditawarkan lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Sumbawa, Talifuddin, menegaskan, dengan atau tanpa program tersebut, ketersediaan stock ternak Sumbawa dipastikan tertap terjamin lewat program peningkatan populasi ternak.
“Artinya, meskipun pendistribusi ternak Sumbawa dilakukan ke luar daerah setiap tahun, Sumbawa tidak akan kekurangan ternak,” tegasnya.
Ia mengapresiasi keseriusan  ACT untuk bekerjasama dengan pemerintah daerah (Pemda) Sumbawa. Sebab, ia menilai program ini akan menjadi salah satu solusi bagi daerah terhadap sumber dana, selain BANK. “Jika mereka mau memfasilitasi dengan modal, kita sangat bersyukur. Artinya ini memberikan solusi juga bagi daerah terhadap sumber dana selain Bank. Jika ada tindak lanjutnya, kami bersyukur. Ini artinya akan mengurangi beban kita di Kabupaten,” ujar di Kantor Bupati, Kamis (23/08).
Manurutnya, selain mampu mengurangi beban yang ada di Kabupaten, program lumbung ternak dapat mensinergikan antara pihak swasta, pemerintah dan pada saatnya nanti perguruan tinggi juga terlibat. “Program lumbung ternak yang ditawarkan ACT ini kan hanya tambahan. Syukur kalau ada, kalau tidak ada tetap kita prioritaskan Bank. Bank sekarang kan kasi kredit lunak terhadap kelompok-kelompok yang ada. Itulah artinya bahwa selain pemerintah, perbankan juga mendukung modal kelompok kita. Tanpa mereka kita jalan, kalau ada mereka kan lebih bagus lagi,” pungkasnya. (ks/adm)
loading...

News Feed